Polres Banyumas Siagakan 1.100 Personel untuk Amankan Pemilu 2019

Pengamanan juga akan dibantu TNI serta di-back up dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto dan Brimob

BANYUMAS – Dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 mendatang, ratusan anggota Polres Banyumas menggelar simulasi penanggulangan tindakan anarkis dan sistem pengamanan kota (Sispamkota), Latihan Pra-Operasi Mantap Brata Candi 2018 di Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto, Minggu (16/9/2018).

Simulasi Sispamkota dan pengendalian tindakan anarkis menghadapi Pemilu 2019 di Purwokerto, Minggu (16/9/2018). Foto: metrojateng.com

Diceritakan ada kelompok pendukung salah satu calon legislatif yang tidak puas atas hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ribuan orang kemudian menggelar aksi demonstrasi di halaman kantor KPU. Massa yang semakin tidak terkendali menyebabkan kericuhan di lokasi tersebut.

Massa akhirnya dapat dikendalikan setelah dihalau dengan kendaraan water canon, sebagian juga terpaksa dilumpuhkan menggunakan peluru karet.

Pada kegiatan itu juga disimulasikan serangan teror bom di kantor KPU yang menyebabkan kepanikan. Tim penjinak bom yang diturunkan ke lokasi berhasil mengamankan bom dan meledakannya di Alun-alun Purwokerto.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, Polres Banyumas telah menyiapkan 1.100 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 mendatang. Pengamanan juga akan dibantu TNI serta di-back up dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto dan Brimob.

“Kami melibatkan 2/3 kekuatan, total sekitar 1.100 personel. Simulasi Sispamkota ini merupakan bagian dari persiapan Polres Banyumas dalam rangka pengamanan Pemilu 2019,” katanya.

Dandim 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Wahyu Ramadhanus Suryawan mengatakan, untuk Kodim 0701/Bms sendiri masih menunggu instruksi terkait dengan pengerahan pasukan yang akan dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. “Kami masih monitor, baik dari Bapak Kapolri maupun Bapak Panglima TNI,” katanya.

Penjabat Bupati Banyumas Budi Wibowo sangat mengapresiasi kegiatan Latihan Pra-Operasi Mantap Brata Candi 2018 yang digelar di selatan Pendopo Si Panji tersebut. Menurutnya, simulasi memang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota polisi dalam pengamanan Pemilu 2019 mendatang. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.