Polisi Solo Tak Izinkan Jalan Sehat Ahmad Dhani dan Neno Warisman

Banyak pro kontra terkait jalan sehat itu, akhirnya Polresta Solo tak memberikan izin,

SOLO – Polresta Solo secara resmi melarang jalan sehat yang akan menghadirkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman pada 9 September mendatang. Selain sarat bermuatan politis, polisi mengklaim jika acara tersebut mendapat penolakan warga.

Ilustrasi. Polisi tidak mengeluarkan izin kegiatan jalan sehat di Solo yang menghadirkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman. Foto: metrojateng.com/dok

“Jadi hasilnya mentok dari kita tetap tidak menerbitkan izin,” ujar Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, Selasa (4/9/2018).

Penolakan warga juga menjadi salah satu pertimbangan polisi. “Banyak pro kontra terkait jalan sehat itu, akhirnya Polresta Solo tak memberikan izin,” ungkapnya.

Jalan sehat dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September tersebut akan digelar di Lapangan Kota Barat, Solo. Kegiatan itu akan dimulai dan berakhir di Jalan Moewardi depan Lapangan Kota Barat, kemudian dilanjutkan tausiyah dan penyampaian aspirasi kepada pemerintah.

BACA JUGA: Gerindra Geram Insiden Pemulangan Neno Warisman

Andy Rifai menegaskan jika pada akhirnya aksi jalan sehat tersebut tetap berjalan, maka pihaknya akan membubarkan paksa. Dia juga mengimbau masyarakat Solo agar tak mengikuti jalan sehat tersebut, karena sudah tak mendapatkan izin.

“Izin panitia menyampaikan pendapat di muka umum berdasar UU Nomor 9 Tahun 1998, hanya cukup memberikan surat pemberitahuan sangat tidak tepat. Kami menyarankan agar memenuhi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2017 berkaitan dengan kegiatan keramaian,” jelasnya.

Pada kesempatan terpisah, Koordinator penitia Jalan Sehat Umat Islam dan Warga Solo, Endro Sudarsono bersikukuh jika kegiatan tersebut tidak harus mengantongi izin dari Polresta Solo. Ia mengklaim bahwa penyelenggaran kegiatan hanya cukup mengirimkan surat pemberitahuan ke Polresta. 

“Kami hanya menerima surat berisikan tidak dapat rekomendasi dari Polresta terkait kegiatan jalan sehat,” ujar Endro. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.