Polisi Selidiki Penyebab Blackout PLN Jawa-Bali di Desa Malon Gunungpati

Blackout di wilayah Jakarta, Banten, Jabar, dan sebagian di wilayah Jateng diakibatkan oleh rusaknya tower transmisi 500 KVA 434-435 Desa Malon, Gunungpati.

SEMARANG – Blackout yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada hari Minggu (4/8/2019) lalu disebabkan adanya gangguan Saluran Udara Ekstra Tinggi (SUTET) di Desa Malon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Gangguan tersebut diduga berasal dari adanya pohon tinggi di bawah saluran SUTET. Selain blackout, peristiwa di Gunungpati tersebut juga mengakibatkan dua warga mengalami luka lantaran terpental saat terjadi ledakan.

Polisi melakukan olah TKP di Desa Malon, Gunungpati, Semarang.
(metrojateng.com/Ahmad Khoirul Asyhar)

Penyelidikan yang dilakukan oleh polisi berawal dari penelusuran terkait laporan yang masuk ke PLN Ungaran pada Minggu (4/8/2019), sekitar pukul 12.30. Laporan itu terkait Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Ungaran yang mengalami gangguan (trip) tidak kuat menahan daya beban. Pengecekan di lapangan diketahui gangguan itu berada pada tower transmisi 434-434 di Desa Malon, Kecamatan Gunungpati.

“Blackout di wilayah Jakarta, Banten, Jabar, dan sebagian di wilayah Jateng diakibatkan oleh rusaknya tower transmisi 500 KVA 434-435 Desa Malon, Gunungpati. Kerusakan itu diduga akibat adanya pohon yang melebihi Right of Way (ROW) sehingga terjadi loncatan listrik atau flash yang dapat disertai bunyi ledakan,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja.

Informasi yang diperoleh di sekitar lokasi, peristiwa di Desa Malon tersebut terjadi pada Minggu (4/8/2019), sekitar pukul 11.30. Setidaknya ada 4-5 kali ledakan yang terdengar di lokasi. Kejadian tersebut juga mengakibatkan dua orang luka, seorang di antaranya dilarikan ke rumah sakit lantaran luka yang cukup serius. Pohon di bawah kabel SUTET tersebut juga sempat terbakar sehingga membuat warga panik.

“Ada sekitar 4 kali suara ledakan. Pada ledakan kedua, Pak Muhammad Said yang di dekat lokasi terpental dan dibawa ke rumah sakit. Saat warga akan membawa Said ke rumah sakit, terjadi ledakan lagi dan membuat Usep Aprianto terpental,” ujar seorang warga Lis Amalia.

SUTET yang barada di Desa Malon, RT 01 RW 06, Kecamatan Gunungpati tersebut merupakan jalur transmisi interkoneksi Jawa-Bali. Sementara itu pascakejadian tersebut, arus listrik sudah normal. Meski demikian penyelidikan pihak kepolisian masih berlanjut hingga Selasa (6/8/2019). (aka)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.