Polisi Identifikasi Truk Penabrak Mobil NH Dini Overload

Sampai saat ini, polisi masih memeriksa sopir dan belum ada status hukum tersangka kepadanya.

SEMARANG- Truk AD-1536-JU yang terlibat kecelakaan dengan mobil yang ditumpangi oleh NH Dini pada Selasa (4/12/2018) diduga kelebihan muatan.

Satlantas Polrestabes Semarang melakukan olah TKP peristiwa kecelakaan di KM 10 TolTembalang, Semarang, Rabu (5/12/2018). Foto: metrojateng.com/Efendi

Truk yang mengangkut bawang putih itu mengalami patah pada roda as hingga membuat laju kendaraan tak terkendali dan mambentur mobil yang ada di belakangnya.

Hal tersebut diketahui setelah Satlantas Polrestabes Semarang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Polisi menemukan beban bawang putih yang diangkut melebihi kapasitas truk.

“Bawang putih beratnya 7,5 ton, padahal dokumen KIR disebutkan beban maksimal 5 ton. Jadi ada overload 2,5 ton,” ujar Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi, Rabu (5/12/2018).

Ada indikasi, kata dia, kerusakan pada truk, sehingga tak kuat menanjak dan akhirnya berjalan mundur. “Rem sudah tidak berfungsi. transmisi juga tidak bisa mengendalikan laju kendaraan mengingat sudah putus kopelnya sehingga laju kendaraan menjadi liar,” imbuh Ardi.

Sopir truk, Gilang Septian (28) mengatakan kepada polisi, ia mengarahkan truk ke kiri saat berjelan mundur. Tapi tak bisa karena sumbu depan dan belakang tersebut tidak seimbang dan justru mengarah ke kanan.

Pada saat itu, truk berjalan mundur 200 meter lalu mengenai mobil Avanza yang ditumpangi NH Dini.

“Sopir Avanza tidak menyadari atau terlambat refleks kalau ternyata truk bergerak mundur. Sehingga sangat sulit mengantisipasi dan terjadi tabrakan,” kata Ardi.

Sampai saat ini, polisi masih memeriksa sopir dan belum ada status hukum tersangka kepadanya. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.