Polisi dan Tentara Patroli Bersama Lawan Teror di Kendal

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita bersama Dandim Letkol Ginda Muhamad Ginajar mengecek sejumlah pos kamling.

KENDAL – Kapolres Kendal dan Dandim 0715 berpatroli mengecek pos jaga di wilayah Brangsong dan Kaliwungu yang rawan terjadi aksi teror, Sabtu (9/2/2019) dinihari. Kedua pemangku keamanan di wilayah Kendal itu mengajak warga untuk menggiatkan pengamanan swakarsa guna memersempit ruang gerak pelaku teror pembakaran kendaraan.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita dan Dandim 0715 Letkol Ginda Muhamad Ginanjar melakukan pengecekan siskamling, Sabtu (9/2/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita bersama Dandim Letkol Ginda Muhamad Ginajar mengecek sejumlah pos kamling. Pengecekan ini untuk melihat kesiapan dan kesigapan warga untuk mengamankan wilayahnya masing-masing dari aksi kejahatan.

Di pos kamling Perumahan Brangsong, Kapolres melihat mobil yang pernah menjadi sasaran pembakaran oleh orang tidak dikenal. Menurutnya jika siskamling lebih digalakan aksi kejahatan termasuk teror pembakaran mobil bisa dicegah.

Kapolres berpesan agar warga yang melakukan jaga malam tidak sekadar datang dan nongkrong di pos kamling. “Lakukan pengawasan dengan patroli dari rumah ke rumah sehingga aksi kejahatan bisa dicegah,” katanya.

Pengamanan swakarsa masyarakat ini juga sebagai bentuk perlawanan kepada aksi teror bakar mobil dan menyatakan tidak takut dengan aksi tersebut. “Pos kamling merupakan benteng terdepan dalam menjaga keamanan lingkungan,” imbuh kapolres.

Sementara itu Dandim 0715 Kendal, Letkol Ginda Muhamad Ginanjar mengatakan, Babinsa di seluruh kendal diterjunkan untuk ikut bersama polri dan masyarakat menjaga wilayah. “Harapan saya siskamling yang sudah dijalankan tidak lantas surut dan terus dilaksanakan,” ujarnya.

Maraknya aksi teror bakar mobil membuat warga harus waspada mengamankan wilayahnya. “Jaga malam yang digalakkan juga akan keliling kampung setiap setengah jam sekali untuk memberikan rasa aman bagi warganya,” kata Slamet warga Kutoharjo Kaliwungu.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, sesuai arahan Bupati Kendal agar setiap wilayah melaksanakan pengamanan lingkungan.

Selain melakukan pengecekan di sejumlah pos kamling jajaran Polres Kendal melakukan razia di perbatasan dengan Semarang dan Batang. Tidak hanya itu sejumlah anggota berpatroli di wilayah-wilayah yang rawan terjadi aksi kejahatan dan teror pembakaran mobil. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.