Polda Jateng Siaga 1 Antisipasi Kegiatan Pasca Rekapitulasi KPU

400 personel Sat Brimob Polda Jateng telah diberangkatkan ke Jakarta.

SEMARANG – Sekitar 400 personel Sat Brimob Polda Jateng telah diberangkatkan ke Jakarta untuk mem-backup pengamanan aksi massa 22 Mei 2019 di depan kantor KPU. Seluruh jajaran Polda juga diinstruksikan untuk menerapkan siaga 1 di masing-masing wilayahnya, termasuk wilayah Polda Jateng.

Ilustrasi. Gelar pasukan. (metrojateng.com)

“Personel Sat Brimob Polda Jateng memang telah dikirim ke Jakarta untuk BKO, jumlahnya 400 personel. Sudah berangkat sejak satu bulan lalu. Sampai kapannya masih menunggu perkembangan situasi di sana,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja, Selasa (21/5/2019).

Selain memberangkatkan personel ke Jakarta, lanjut Agus, Polda Jateng juga sudah menerima telegram dari Mabes Polri. Isinya adalah instruksi untuk menerapkan siaga 1 mulai tanggal 21 Mei 2019 hingga tanggal 25 Mei 2019. Penerapan itu untuk mengantisipasi kegiatan pasca rekapitulasi hasil pemilu tingkat nasional.

“Kesiapsiagaan di wilayah Polda Jateng ditingkatkan, sesuai telegram dari Mabes Polri kepada seluruh jajaran Polda se-Indonesia. Siaga 1 ini mulai tanggal 21-25 Mei 2019 untuk antisipasi kegiatan pasca rekapitulasi KPU,” ungkapnya.

Disinggung terkait personel yang disiagakan, Agus menjelaskan semua personel dari semua satuan kerja atau fungsi kepolisian harus siap. Sewaktu-waktu dibutuhkan, personel harus siap untuk digerakkan atau digeser.

“Semua Satker dan fungsi melaksanakan dan harus siap di mako masing-masing. Jadi ketika dibutuhkan semua siap berherak,” katanya.

Hari ini di masing-masing satuan wilayah juga menggelar apel kebangsaan. “Seluruh satwil melakukan apel kebangsaan di wilayah masing-masing. Kapolda hari ini pukul 16.00 mengikuti apel kebangsaan di wilayah Polresta Surakarta,” pungkas Agus. (aka)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.