Polda Jateng Bongkar Produsen Zam-zam Palsu yang Beredar di Jawa Barat

Pelaku memanfaatkan momen musim haji 2018.

SEMARANG- Pada musim haji 2018, Polda Jawa Tengah membongkar produksi air zam-zam ilegal di Batang, Jawa Tengah. Polisi menduga produk bermerek Al Lattul Water beredar di Jawa Barat sejak 2017.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono, merilis kasus produksi air zam-zam palsu, di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Banyumanik, Kota Semarang, Rabu, 8 Agustus 2018. Foto: metrojateng.com/Efendi

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, yang dijual oleh kedua tersangka merupakan air minum isi ulang biasa. Mereka membeli air galonan di tempat pengisian air minum kemudian mengemasnya ke dalam botol berbagai ukuran dan diberi merk sendiri.

“Ada yang ukuran 10 liter, 5 liter, 1 liter, dan botol ukuran 330 mililiter. Setelah itu diberikan kemasan kardus maupun plastik berlabel Al Lattul Water. Lengkap dengan tulisan Arab seolah asli,” kata Condro saat rilis kasus di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Banyumanik, Kota Semarang, Rabu, 8 Agustus 2018.

Condro juga mengatakan, air zam-zam palsu tersebut dijual ke toko perlengkapan haji di daerah Jawa Barat. Penjualannya telah mereka lakukan sejak Oktober 2017 hingga Juli 2018 dengan memanfaakan momentum musim haji.

BACA JUGA: Omzet Produsen Zam-zam Palsu Tembus Rp 1,8 miliar

“Total pengiriman yang sudah mereka lakukan sejak Oktober 2017 sebanyak 30 kali.Dalam satu kali pengiriman mencapai 200 dus dengan harga per dus Rp 300 ribu,” imbuh Condro.

Produksi air zam-zam palsu ini dikendalikan oleh dua orang yakni, Yusron, 37 tahun, dan Efendi, 54 tahun. Mereka tak berkutik saat aparat menggerebek rumah kontrakan sekaligus tempat produksi di Jalan Blado-Pagilaran nomor 6, RT 3 RW 1, Blado, Batang pada 26 Juli 2018 lalu.

Sejumlah barang bukti juga turut diamankan oleh petugas. Di antaranya puluhan kardus kemasan merek Al Lattul Water ukuran 10 liter, 5 liter dan 1 liter serta botol plastik ukuran 330 mililiter.

Kemudiam ratusan jeriken kosong berbagai ukuran, peralatan produksi untuk mengemas air, ribuan lembar stiker label botol 330 ml merek Al Lattul Water dan ribuan lembar kemasan plastik . (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.