PLN Terus Tingkatkan Keandalan Kelistrikannya

Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Industri Oksigen di Kendal

 

Gerak Cepat -Petugas PLN dipimpin Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali, Haryanto WS, pimpin angsunh pemulihan kelistrikan di GI Kaliwung dan pabrik oksigen Samator Gas Kendal. (ist/tya)

 

SEMARANG, METROJATENG.COM  – PLN berhasil memulihkan pasokan listrik ke industri oksigen di Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu (10/07), pasca insiden yang terjadi di Gardu Induk (GI) Kaliwungu, Jawa Tengah. Terhadap kejadian ini PLN dituntut untuk terus meningkatkan keandalan kelistrikannya terutama menjaga pasokan listrik untuk industri kesehatan (Pabrik Oksigen  dan RS yang menangani Covid-19).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra menjelaskan, pasca kejadian, petugas PLN langsung berupaya menormalkan kelistrikan, khususnya untuk memasok industri oksigen. 

Bahkan   Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali, Haryanto WS, hadir langsung untuk memimpin  pemulihan kelistrikan di GI Kaliwungu. 

“Pasca kejadian, kemarin kami langsung turun ke lapangan, melakukan manuver pasokan listrik agar listrik industri oksigen dapat kembali menyala dan aktivitas produksi oksigen dapat kembali jalan,” tutur Irwansyah. 

Atas kejadian tersebut  PLN juga telah berkomunikasi dengan manajemen PT Aneka Gas Kendal dan memohon maaf atas terganggunya pasokan listrik. Akibat matinya listrik di pabrik Samator Gas Kendal ini mengakibatkan Jateng kehilangan sekitar 60 ton oksigen, karena mesin tidak bisa beroperasi.

PLN terus berkolaborasi dengan pelaku industri untuk memenuhi kebutuhan oksigen masyarakat yang terus meningkat di tengah Pandemi Covid-19. PLN pun berupaya menjaga pasokan listrik untuk pelanggan industri oksigen. 

“Kami akan terus berupaya tingkatkan keandalan listrik agar produksi oksigen untuk penanganan Covid-19 tidak terganggu,” tambah Irwansyah. 

PLN mengerahkan semua kekuatan dan semua daya agar listrik bagi para pelanggan, khususnya rumah sakit rujukan Covid-19 dan industri oksigen berjalan dengan baik. 

Sementara itu dalam pertemuan secara daring, General Manager PT Aneka Gas Industri Kendal Yulianto optimis PLN dapat menjaga keandalan pasokan listrik untuk menjaga aktivitas produksi oksigen ditempatnya. 

“Saya yakin PLN sudah optimal dalam bekerja, kami pun sedang siaga berproduksi karena permintaan dalam masa pandemi ini bertambah, begitu listrik menyala kami sesegera mungkin langsung berproduksi. Kami harapkan lebih ditingkatkan lagi keandalan dan pelayanan dari PLN,” pungkasnya. 

Sebagaimana diberitakan Metrojateng pasokan oksigen di Jateng sempat terganggu akibat pabrik oksigen di Kendal tidak bisa berproduksi karena listrik mati.Atas kejadian tersebut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo turun langsung untuk memastikan pasokan listrik di pabrik oksigen Kendal aman dan produksi bisa berjalan.

” Pasokan oksigen medis saat ini sangat penting mengingat kebutuhan oksigen sangat besar dengan melonjaknya pasien Covid-9. Apalagi dengan kejadian tersebut Jateng kehilangan cadangan oksigen 60 ton, dan harus meminta bantuan dari Jabar,” tutur Ganjar saat melakukan peninjauan di pabrik Samator Gas Kendal sambil gowes.(tya)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.