Petugas Gabungan Latihan Hadapi Penyusup di Pelabuhan Tanjung Emas

Tujuannya untuk mengamankan fasilitas pelabuhan dari ancaman kejahatan yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggungjawab.

SEMARANG- Sejumlah petugas dari berbagai unsur menggelar latihan gabungan (latgab) untuk meningkatkan keamanan di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas.

Pemancing Tenggelam di
Proses evakuasi pemancing tenggelam di Pelabuhan Tanjung Emas. Foto: metrojateng.com/istimewa

Latihan gabungan yang digelar Rabu-(21-22/11/2018) tersebut, melibatkan personel Basarnas, para petugas Pelindo, KSOP hingga Polsek Pelabuhan Tanjung Emas.

Ketua FK PFSO Pelabuhan Tanjung Emas, Anang Wibowo mengatakan latihan tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan para personel dalam menangani gangguan keamanan di area pelabuhan sesuai standar International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code.

“Tujuannya untuk mengamankan fasilitas pelabuhan dari ancaman kejahatan yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab. Kita ingin standar pengamanan pelabuhan yang berlaku di tingkat internasional,” ujar Anang.

Latihan gabungan dimulai pukul 10.00 WIB. Mula-mula, sejumlah orang berlarian untuk menyusup ke dalam dermaga.

Munculnya para penyusup ini membuat para petugas langsung menyergap. Baku hantam pun tak terelakan sampai akhirnya petugas mampu melumpuhkan para penyusup.

Aksi penyergapan juga berlangsung di atas dek KM Kalimutu. Tim Basarnas yang ikut turun ke perairan kemudian menangkap seorang penyusup yang hendak masuk ke jalur laut.

Kepala KSOP Tanjung Emas, Ahmad Wahid menyatakan pengamanan di pelabuhannya akan terus ditingkatkan dengan memperketat penjagaan di titik rawan kejahatan.

“Yang utama kita tingkatkan penjagaan di jalur masuknya penumpang agar penyelundupan barang-barang berbahaya dapat digagalkan,” kata Wahid.(far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.