Petugas Berhasil Evakuasi Gerbong KA Barang yang Anjlok di Grobogan

Jalur perlintasan sudah dapat dilintasi kereta dengan kecepatan maksimal 10 kilometer per jam.

GROBOGAN- Petugas KAI Daop IV Semarang berhasil mengevakuasi delapan gerbong KA Barang yang anjlok di Grobogan pada Senin (24/9/2018). Gerbong tanpa muatan itu diletakkan di Stasiun Karangjati, Grobogan.

Pemeriksaan gerbong kereta angkutan mudik 2018. Foto: fariz fardianto

Manager Humas KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengungkapkan proses evakuasi melibatkan sejumlah tim dari KAI untuk mengangkat tiap gerbong ke badan jalur perlintasan. Ia menambahkan evakuasi gerbong dengan mobile crane. “Delapan gerbong yang anjlok sudah dievakuasi ke Stasiun Karangjati,” kata Suprapto kepada metrojateng.com, Selasa (25/9/2018).

Pada pemberitaan lalu, rangkaian kereta barang bernomor lambung KA-2709 jurusan Kalimas Surabaya-Kampung Bandan Jakarta mengalami kecelakaan tunggal di Grobogan, pada Senin (24/9/2018).

Terdapat delapan gerbong dari total 30 gerbong yang anjlok keluar rel. Lokasinya di KM 48+1, jalur hilir, antara Stasiun Sedadi dan Stasiun Karangjati. Dalam kecelakaan itu, tak ada korban. Gerbong anjlok ke lahan kosong di tepi rel.

Menurut Suprapto sejumlah kereta berbagai jurusan sudah bisa melintasi rel kereta tersebut. Untuk saat ini, ia mengklaim jalur perlintasan sudah difungsikan dengan normal. Namun, kereta yang lewat ke lokasi itu dibatasi dengan kecepatan 10 kilometer per jam.

“Jalur hilirnya sudah diperbaiki. Evakuasi memang cukup lama karena jumlah gerbongnya yang lumayan banyak,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.