Pesona Pantai Batu Topeng Karimunjawa dan Bikini Turis Australia

Turis Australia menikmati keindahan pantai Batu Topeng Karimunjawa. Foto-foto: metrojateng.com/Roby Shani
Turis Australia menikmati keindahan pantai Batu Topeng Karimunjawa. Foto-foto: metrojateng.com/Roby Shani

JEPARA – Menikmati panorama keindahan alam kepulauan karimunjawa seolah tiada jemu. Gugusan pulau di utara Pulau Jawa ini menyuguhkan panorama keindahan pantai berpasir putih. Salah satunya di Pantai Batu Topeng di Pulau Karimun Besar kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah.

Berjarak lebih kurang 5 Km dari pusat pemerintahan Kecamatan Karimunjawa di sisi utara, Pantai Topeng dapat ditempuh dengan perjalanan darat maupun perjalanan laut. Tepatnya berada di dukuh Alang-alang Desa Karimun.

Pantai berpasir putih sepanjang lebih dari 500 meter itu, menjadi salah satu alternatif tempat untuk menikmat senja atau berjemur di siang bolong di Karimunjawa. Ditambah pemandangan bongkahan batu karang yang kekar di tepi pantai, membuat Patai Batu Topeng menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

pantai-batu-topeng-karimunjawa-2

Salah seorang wisatawan dari Australia, Franky, mengaku terpikat dengan keindahan Karimunjawa setelah berselancar di dunia maya. Setelah tiba di wilayah terluar Kabupaten Jepara itu, wisatawan pasangan pengantin baru itu mengaku takjup dengan keindahan Karimunjawa.

 “Pantainya benar-benar indah dan masih alami,” ujar Franky sembari berjemur di tepi pantai bersama sang istri yang hanya memakai bikini.

Sembari berjemur dan bermain pasir putih, wisatawan dapat menikmati segarnya kelapa muda. Sejumlah pedagang menjual kelapa muda serta aneka makanan laut, seperti ikan bakar dan cumi bakar.

Sementara itu, salah seorang warga Karimunjawa, Srianto, menceritkan, Pantai Batu Topeng bisa disebut sebagai destinasi wisata pantai baru di Karimunjawa. Sebelumnya, kawasan Pantai Topeng dikenal sebagai kawasan angker oleh warga setempat.

pantai-batu-topeng-karimunjawa-3

“Kenapa dinamakan Batu Topeng, konon ceritanya duru ada ular menari-nari dengan topeng di atas batu karang yang besar itu. Siapa saja yang lewat di daerah seni haru hati-hati,” ujar Srianto dengan menunjuk ke arah batu karang besar di tepi pantai.

 

Meski saat ini kawasan Pantai Batu Topeng mulai ramai dikunjungi wisatawan, sejumlah warga setempat masih menjaga cerita mitos yang disampaikan secara turun-temurun itu. Warga masih percaya, bahwa sejumlah titik di kawasan Pantai Batu Topeng sebagai tempat yang wingit.

“Kalau wisatawan kan tidak tahu cerita dulunya seperti apa, tapi kalau warga sini ya, masih mikir-mikir karena dulu sering ada kejadian,” tutup Srianto. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

66 + = 73

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.