Pesona Curug Cililing Pageruyung yang Eksotis

Jumlah air terjun sepanjang sungai mencapai belasan mulai dari yang kecil hingga dengan ketinggian 20 meter.

KENDAL – Satu lagi kekayaan alam di Kabupaten Kendal yang akan dijadikan tujuan wisata alam alternatif. Dinamakan Curug Cililing, obyek wisata yang berada di jalur Weleri-Temanggung ini menawarkan keindahan air terjun mini.

Curug Cililing menawarkan keindahan wisata susur sungai. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Untuk menuju lokasi pemandangan alam yang masih asri, pengunjung harus menyusuri sungai berbatu sepanjang lebih dari 200 meter. Lokasinya di Desa Tambahrejo Kecamatan Pageruyung Kendal.

Sungai dengan susunan batu menarik menjadi pilihan untuk berfoto. Air terjun mini sepanjang sungai dan air yang mengalir di sela-sela batu menjadi pemandangan yang segar sepanjang perjalanan.

Belum ada sentuhan susunan batu sepanjang sungai alami terbentuk hingga mengalir ke satu titik air terjun yang berada 200 meter di selatan sungai. Kubangan di bawah air terjun kecil mirip seperti telaga dengan warna air hijau.

“Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya sehingga jika dikembangkan akan menjadi daya tarik warga dan memberdayakan warga sekitar,” kata Toni Subiyanto, warga setempat.

Jumlah air terjun sepanjang sungai mencapai belasan mulai dari yang kecil hingga dengan ketinggian 20 meter. “Kalau curug yang paling tinggi berada sekitar 200 meter dari jalan raya dengan pemandangan yang indah dari atas sehingga bisa melihat air terjun ke dasar sungai. Pengunjung juga bisa melihat curug dari bawah dengan menuruni bebatuan yang tersusun rapi,” imbuhnya.

Curug Cililing diharapkan jadi obyek wisata alam unggulan di Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Wisata alam Curug Cililing ini akan dikembangkan pemerintah Desa Tambahrejo menjadi desa wisata dengan berbagai obyek. “Tidak hanya menawarkan pemandangan alam dan air terjun serta susunan batu unik saja. Nantinya warga desa akan diberdayakan untuk ikut mengelola desa wisata ini dengan membuka pusat makanan dan oleh-oleh,” jelas Sekdes Tambahrejo, Muhamad Baasari.

Ditambahkan, nantinya lokasi wisata ini akan dikelola badan usaha milik desa. Selain menawarkan keindahan sungai yang berbatu dan Curug Cililing akan dibangun juga kawasan kuliner dan gardu pandang di atas bukit.

“Gardu pandang ini nantinya akan melihat pemandangan Kota Weleri dari atas bukit dan kota Kendal. Warga sekitar diberdayakan mulai dari parkir tempat menginap hingga kuliner dan oleh-oleh khas Kendal,” imbuh Baasari.

Yang akan segera dibenahi untuk kali pertama adalah akses jalan masuk menuju sungai. Pintu masuk berada tepat di pinggir jalan raya Weleri Temanggung sehingga memudahkan warga yang hendak menikmati keindahan alam ini. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.