Perusahaan Singapura Minat Buka Rute Pelayaran Semarang-Singapura

SEMARANG – Perusahaan pelayaran asal Singapura, OOCL PTE LTD, mulai menjajaki bisnis di Jawa Tengah. Mereka berencana akan membuka pelayaran internasional dari dan ke Jawa Tengah melalui Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS).

Upaya itu dilakukan rombongan perusahaan tersebut saat berkunjung ke TPKS, Rabu (6/5). Region and Group Head Taiwan and ASEAN Head dari OOCL (Singapore) PTE LTD, PC Wu mengatakan, pihaknya melihat kinerja dan infrastruktur Pelabuhan Tanjung Emas Semarang berpotensi untuk menjadi persinggahan kapal-kapal Singapura.

”OOCL selama ini bersandar di TPK Koja dan punya throughput peti kemas yang cukup banyak di Pelabuhan Surabaya. Dalam hal ini, OOCL mencoba melakukan mapping dan kemungkinan untuk membuka bisnis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melalui TPKS,” ungkapnya.

Niat baik OOCL Singapura disambut baik oleh pihak TPKS. Plh General Manager TPKS, Edy Sulaksono menyampaikan, selama ini sudah ada pelayaran langsung dari dan ke Taiwan, Cina dan Hongkong. Misalnya saja, Samudera Indonesia, Evergreen, dan Yan Ming.

”Meningkatnya perekonomian Jawa Tengah yang ditandai dengan banyak berdirinya industri baru di Provinsi ini merupakan pasar yang prospektif yang bisa digarap oleh perusahaan-perusahaan pelayaran, terlebih dari sisi ekspornya,” katanya.

Asisten Manager Operasi TPKS, Purwanto Wahyu menambahkan, TPKS masih memiliki slot window untuk kapal sandar yang masih tersedia antara Jumat sore sampai Senin Pagi, saat call kapal ke TPKS agak sedikit lengang.

“Hal ini tentu memungkinkan untuk OOCL jika nantinya akan melakukan call di TPKS,” imbuhnya.(MJ-15)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

11 − = 9

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.