Perusahaan Gak Kasih THR? Laporkan ke Posko Ini

image
Ilustrasi

KENDAL – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kendal mengigatkan, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja wajib diberikan oleh perusahaan paling lambat H-7 Lebaran. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Bupati Kendal Nomor: 560/1103/2016 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Sekretaris Disnakertrans Mashuri, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tanggal 8 Maret 2016, perusahaan wajib memberikan THR bagi pekerja/buruhnya. THR diberikan untuk seluruh pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan atau lebih.

Mereka yang sudah bekerja lebih dari satu tahun, diberikan THR sebesar gaji satu bulan. Sementara yang masa kerjanya di bawah satu tahun, THR tetap diberikan, tetapi secara proporsional, yakni masa kerja berjalan dibagi 12 bulan dikalikan satu bulan gaji. ‘’THR wajib diberikan paling lambat H-7. Kami juga akan melakukan pemantauan di lapangan,’’ kata dia.

Menurutnya, jika perusahaan tidak membayarkan THR, maka akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda lima persen dari total keseluruhan nilai THR yang harus dikeluarkan. ‘’Denda lima persen itu nantinya akan dikelola dan dikembalikan untuk kesejahteraan pekerja. Jadi selain mendapat THR, pekerja/buruh juga akan mendapat tambahan kesejahteraan tersebut,’’ tuturnya di dampingi Kasi Perumusan, Pengupahan dan Kesejahteraan Tenaga Kerja Elvi Sahara.  

Elvi menambahkan, perusahaan yang telah melakukan pembayaran THR harus melaporkan kepada Bupati Kendal dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi paling lambat 15 hari setelah Idul Fitri. Selain pihaknya juga membuka posko pengaduan THR di Kantor Disnakertrans Kendal. Pekerja/buruh yang belum mendapatkan THR perusahaan tempatnya bekerja, bisa mengadu ke instansi tersebut.

‘’Posko pengaduan dibuka hingga H+7 Lebaran. Jumlah perusahaan di Kabupaten Kendal sebanyak 664 perusahaan dengan 22.692 tenaga kerja. Sebanyak 50 perusahaan masuk kategori besar,’’ kata dia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.