Perubahan Zaman, Tantangan Guru di Masa Depan

Generasi-generasi milenial hari ini jauh berbeda dengan pola-pola pendidikan jaman dahulu, guru harus menyesuaikan.

SEMARANG- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengungkapkan tantangan pemerintahan terkait dengan guru, yaitu kesejahteraan, sarana dan prasarana pedidikan dan pelatihan teknologi untuk menunjang ketrampilan guru.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bercengkrama dengan siswa usai upacara Hari Guru, di Balai Kota Semarang, Senin (26/1/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Hal itu diungkapkan wali kota dalam peringatan Hari Guru Nasional di Balai Kota Semarang, Senin (26/11/2018). Menurutnya, kesejahteraan guru harus tercukupi. Infrastruktur sarana prasarana pendidikan harus bagus, tidak boleh ada lagi laporan sekolah roboh atau rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk belajar mengajar.

Pekerjaan rumah berikutnya yakni Pemkot Semarang harus menyiapkan guru menghadapi perubahan zaman terutama dalam perkembangan teknologi di era milenial dan digital saat ini.

“Generasi-generasi milenial hari ini jauh berbeda dengan pola-pola pendidikan jaman dahulu, guru harus menyesuaikan dan selalu dinamis mengikuti perkembangan jaman, globalisasi dan kemajuan teknologi,” ungkapnya.

Ditegaskan, tiga tantangan itu merupakan tugas pemerintah untuk mewujudkannya, sebagai bentuk komitmen memberikan perhatian terhadap nasib guru. Apalagi, dari jasa-jasa gurulah tercetak pemimpin-pemimpin bangsa dan negara.

Dalam kesempatan upacara tersebut, juga diserahkan hadiah piala bagi guru dan siswa sekolah yang berprestasi. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.