Pertamina Suntik Energi ke Siswa untuk Meraih Mimpi

Program Pertamina Negeri digelar di 13 kota dan melibatkan 1.400 relawan pekerja Pertamina serta anak perusahaan.

SEMARANG- Upacara bendera di SD Tambakrejo 03 Semarang, Senin (27/8/2018) berbeda dari biasanya. Tidak hanya diikuti oleh guru dan siswa, tapi juga dihadiri oleh para pekerja dan pimpinan Pertamina dan Wakil Wali Kota Semarang dan jajarannyaa.

Pekerja Pertamina yang tergabung dalam relawan Culture Change Agent mengajar di SD Tambakrejo 3 Semarang dalam program Pertamina Energi Negeri III, Senin (27/8/2018). Foto: metrojateng.com: Anggun Puspita

Setelah upacara para pekerja Pertamina yang tergabung Culture Change Agent memasuki kelas-kelas untuk mengisi jam pelajaran pertama dengan mengajar siswa. Mereka hadir menyuntikkan energi, berbagi inspirasi untuk meraih mimpi.

Pada sekolah yang berlokasi di tepi Sungai Tenggang itu para siswa setiap hari mengikuti kegiatan belajar dengan suasana yang kurang nyaman. Mereka belajar di kelas beratap rendah dengan lantai tak berubin dan meja kursi seadanya. Bahkan di jam-jam tertentu atau saat musim hujan, sekolah terkepung rob dan banjir.

Dalam program Pertamina Energi Negeri III itu para karyawan Pertamina dari berbagai divisi mentransfer ilmu dan inspirasi kepada calon penerus bangsa ini. Mereka mengajarkan agar setiap siswa memiliki cita-cita dan mimpi.

Seperti Truly, karyawan Pertamina MOR IV Jateng-DIY bagian Legal itu mengajarkan kepada para siswa kelas II SD Tambakrejo 03 tentang macam-macam profesi.

“Kalian tahu tidak apa yang dibutuhkan transportasi seperti pesawat atau kereta untuk bisa berjalan?” tanya Truly.

“Bensin,” jawab para siswa.

“Kalau pesawat siapa yang menjalankan?” tanya Truly kembali.

“Pilot,” jawab para siswa.

“Di sini ada yang ingin jadi Pilot? Caranya bagaimana kalau ingin jadi Pilot? Ya, kalian harus giat belajar dan meraih itu dengan sungguh-sungguh,” tutur Truly.

Para siswa pun antusias mengikuti pelajaran tersebut, apalagi di sela-sela pelajaran juga ada permainan, sehingga siswa seperti mendapatkan energi positif.

Program Pertamina Energi Negeri III itu serentak diselenggarakan secara nasional pada hari ini. Ribuan pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak SD yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.

General Manager Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, program Pertamina Energi Negeri ini sudah memasuki tahun ketiga.

“Tahun ini serentak diselenggarakan di 13 kota dan melibatkan 1.400 relawan pekerja Pertamina serta anak perusahaan. Mereka mengajar di lebih dari 600 SD. Untuk Kota Semarang ada tujuh SD dan melibatkan 70 relawan,” ungkapnya.

SD yang dipilih menjadi lokasi mengajar di Semarang adalah SD Tambak Rejo 3, SD Tambakrejo 2, MI Al Islamiyah, SD Kalibanteng Kulon, SD Kembangsari 1, SD Kembangsari 2 dan SD Kuningan 1.

“Sekolah-sekolah ini dipilih karena lokasinya yang berdekatan dengan area operasional kami yaitu TBBM Semarang Group, kantor MOR IV, Depot LPG Tanjung Mas dan DPPU Ahmad Yani,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Perusahaan melalui Program Bina Lingkungan juga turut memberikan bantuan renovasi dan beberapa sarana belajar di sekolah.

“Melihat semangat belajar para murid di sini meskipun dengan keterbatasan fasilitas, membuat perusahaan tergerak untuk ikut mendukung semangat mereka mengejar cita-cita dengan memberikan bantuan penunjang belajar mereka. Semoga bantuan ini dapat menambah semangat mereka untuk menuntut ilmu,” imbuh Yanuar.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, menambahkan peran serta pemangku kepentingan untuk memajukan pendidikan sangat penting. Karena pemerintah tidak bisa bergerak sendiri tanpa adanya peran serta mereka.

“Kami berterima kasih kepada Pertamina karena peran serta dari stakeholder diperlukan karena tidak mungkin pemerintah berjalan sendiri, sehingga bantuan ini dan pendidikan karakter ini sangat berarti bagi siswa dan sekolah,” tuturnya.

Kepala SD Tambakrejo 3 Semarang, Maria Magdalena Sri Wilujeng, juga berterimakasih kepada Pertamina karena telah memberikan inspirasi ke anak-anak dalam bekal meraih cita-cita. (ang)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.