Pertamina Sudah Salurkan Bantuan Rp1,5 Miliar

*Penanganan Covid-19 di Jateng-DIY

– PERTAMINA PEDULI- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV sudah menyalurkan dana bantuan penanganan Covid-19 hingga Rp1,5 miliar. Foto : ist/Redaksi

 

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV (MOR IV) telah menyalurkan bantuan selama masa pandemi Covid-19 senilai Rp1.566.154.500 untuk Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Nilai bantuan tersebut merupakan bantuan yang telah disalurkan hingga 7 Mei 2020.

 

Bantuan ini akan terus bertambah seiring dengan peran perusahaan untuk turut membantu penanganan pandemi Covid-19 khususnya di wilayah operasional Pertamina MOR IV yaitu Jateng dan DIY.

 

Bantuan telah disalurkan dalam berbagai bentuk, diantaranya peningkatan sarana kesehatan bagi masyarakat untuk pencegahan pandemi Covid-19. Selain bantuan sarana untuk masyarakat, bantuan yang berupa Alat Pelindung Diri (APD) disalurkan pula bagi tenaga medis yang hingga saat ini terus bertugas menangani pasien Covid-19.

 

Berbagai referensi yang berasal dari himbauan pemerintah digunakan sebagai dasar bagi Pertamina MOR IV untuk menentukan bentuk bantuan yang disalurkan. Adapun bantuan yang telah berhasil Pertamina MOR IV salurkan hingga saat ini (di Wilayah Jateng & DIY), diantaranya adalah penyemprotan disinfektan di 76 titik fasilitas umum, 20 wastafel portabel yang ditempatkan di pasar tradisional, 350 liter hand sanitizer bekerja sama dengan laboratorium Fakultas Teknik Undip disalurkan ke fasilitas umum salah satunya di armada BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang.

 

Selain itu, sebanyak 1000 masker kain dan 500 paket sembako telah disalurkan kepada masyarakat dan pada 11 Mei 2020 mendatang sebanyak 1800 paket sembako akan disalurkan kepada masyarakat yang berada di kawasan terdekat dengan wilayah operasi PT Pertamina (Persero) MOR IV.

 

Pjs General Manager PT Pertamina (Persero) MOR IV, Teuku Johan Miftah mengatakan, selain bantuan di atas, bantuan APD bagi tenaga medis pun telah disalurkan.

 

“Sebanyak 400 set APD telah disalurkan bagi tenaga medis di wilayah Jateng & DIY. APD tersebut disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan dan puskesmas terdekat dengan wilayah operasi Pertamina,” kata Johan.

 

Dalam penyaluran berbagai bentuk bantuan di atas, lanjutnya, Pertamina MOR IV turut menggandeng pelaku usaha UMKM yang tergabung dengan Mitra Binaan Pertamina MOR IV untuk dapat memproduksi barang-barang yang dibutuhkan dalam paket yang diserahkan kepada masyarakat.

 

“Adapun mitra binaan yang turut diikutsertakan dalam bantuan yang disalurkan adalah UMKM yang memproduksi masker kain, paket nutrisi makanan bagi tenaga medis dan UMKM yang dapat menyediakan item-item dalam paket sembako,” ujarnya.

 

Bambang Tri Mulyono, pemilik usaha “Bakmi Jawi Mbah Hardjo” sekaligus salah satu mitra binaan Pertamina menyampaikan apresiasi terhadap langkah yang diambil Pertamina untuk dapat mengikutsertakan UMKM dalam penyediaan paket bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Diungkapkan, selama pandemi ada berbagai hal yang berubah dalam usahanya, diantaranya turunnya omset usaha dan harus mengambil langkah inovasi untuk memproduksi makanan kaleng yang lebih praktis.

 

“Menurut saya, langkah yang diambil Pertamina untuk mengikutsertakan kami pelaku UMKM sangat baik. Kami merasa terbantu untuk dapat melalui masa pandemi yang tengah terjadi saat ini,” ungkap Bambang.

 

Bantuan-bantuan yang telah disalurkan Pertamina, khususnya Pertamina MOR IV diharapkan dapat membantu meringankan masyarakat untuk dapat melalui masa pandemi Covid-19 saat ini. Ke depan, berbagai program bantuan pun tengah direncanakan dan akan segera dijalankan sebagai bentuk komitmen kehadiran Pertamina bagi masyarakat.(ris)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.