Pertama di Indonesia, Sukoharjo Punya Kafe Jamu

Kafe jamu ini juga didampingi Badan POM, bekerja sama dengan pelaku usaha besar untuk mendukung UMKM.

SUKOHARJO – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PKM) Puan Maharani mendorong Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) agar terus berinovasi sehingga bisa diterima semua kalangan.

Peresmian Kafe Jamu di Sukoharjo, Senin (18/3/2019). Foto: metrojateng.com

Penegasan itu disampaikan Puan saat peresmian Kafe Jamu di Pasar Jamu Nguter, Senin (18/3/2019). Kafe jamu pertama yang diresmikan ini berkoordinasi dengan Pemkab Sukoharjo.

“Jamu yang disediakan di sini bukan hanya rasanya yang enak tetapi juga sehat, karena sudah mendapatkan izin edar Badan POM dan disesuaikan dengan rasa yang disukai millenial. Misalnya tidak hanya temulawak tetapi juga dikombinasikan dengan lidah buaya, cendol, jahe dan kencur,” kata Puan.

Dilanjutkan Puan, keberadaan kafe jamu ini juga sekaligus untuk mendorong produksi UMKM. Oleh sebab itu ia meminta kepada Pemkab Sukoharjo untuk membangun sebanyak mungkin kafe jamu sehingga mendorong UMKM jamu.

“Kafe jamu ini juga didampingi Badan POM, bekerja sama dengan pelaku usaha besar untuk mendukung UMKM. Kami memfasilitasi para pelaku jamu gendong untuk memenuhi aspek yang sehat, dan memberikan tempat untuk menjual,” kata Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito yang hadir saat peresmian.

Diharapkan dengan dibangunnya kafe jamu di Sukoharjo ini bisa memberikan contoh bagi daerah lain. Sehingga secara tidak langsung juga menekan jamu-jamu ilegal. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.