Personel Keamanan di Solo Dilatih Tangani Kerusuhan saat Pemilu

Simulasi Sispamkota ini memberikan gambaran antisipasi tindakan, supaya tepat dalam melakukan penanganan saat Pemilu 2019 nanti.

KARANGANYAR – Polresta Solo  menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) yang berlangsung di Museum De Tjolomadoe, Karanganyar, Rabu (13/3/2019). Kegiatan yang melibatkan sekitar 1.500 personel lintas instansi tersebut untuk memberi gambaran supaya anggota yang bertugas di lapangan lebih sigap mengambil tindakan.

Polresta Solo menggelar simulasi Sispamkota di area Museum De Tjolomadoe, Rabu (13/3/2019). Foto: metrojateng.com

Simulasi Sispamkota dimulai pukul 09.00, dengan diawali gambaran suasana kondusif di Kota Solo. Kemudian, situasi meningkat dengan adanya aksi huru hara di lokasi TPS yang telah disiapkan.

Massa yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara, kemudian mendatangi Kantor Bawasu dan menggelar aksi demo. Sejumlah aparat, mulai diterjunkan karena massa mulai bertindak anarkis dan terlibat bentrok.

Selain aksi demo di Kantor Bawaslu, simulasi juga memperlihatkan tim penjinak bom dan anggota Densus 88 yang melakukan aksi deteksi dini bom di salah satu lokasi.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono yang hadir dalam acara simulasi tersebut mengatakan, simulasi Sispamkota ini memberikan gambaran antisipasi tindakan, supaya tepat dalam melakukan penanganan saat Pemilu 2019 nanti.

“Hal ini, karena Solo dan sekitarnya intensitas kegiatan selama Pemilu 2019 paling banyak, baik untuk pasangan calon (paslon) nomor 01 maupun 02, sehingga potensi untuk terjadi gesekan dapat diantisipasi,” kata Kapolda.

Kapolda juga menegaskan bahwa semua tempat ibadah tidak boleh digunakan untuk politik praktis atau memobilisasi untuk mengarahkan paslon. Tempat ibadah itu, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta kegiatan sosial.

“Kami menghadapi Pemilu 2019 telah menyiapkan pasukan di Jawa Tengah untuk antisipasi pengamanan sebanyak 23.600 personel dan didukung dari anggota TNI sekitar 14.000 personel,” pungkasnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.