Persiapan Mudik Lebaran, Tol Batang Semarang Dikebut

?

KENDAL – Pengerjaan ruas tol Batang-Semarang terus dikebut, guna menghadapi arus mudik lebaran mendatang. Rencananya H-10 jalan tol  ini sudah bisa dilalui namun kendaraan harus berhati-hati, karena jalan masih berdebu dan melintasi delapan jembatan darurat.

Ruas tol Batang-Semarang dari Desa Pasekaran Batang nantinya bisa dilalui kendaraan pemudik hingga keluar di Gringsing perbatasan dengan Kabupaten Kendal. Jalan sepanjang 36 kilometer ini kini mulai dikebut pengerjaannya. Sejumlah titik mulai dilakukan pengecoran tipis, sementara perlintasan dengan jalan masih belum selesai dikerjakan.

Rencananya dua jembatan besar akan selesai dikerjakan, yakni yang melintang sungai Sambong dan jembatan yang melintas di jalur pantura Kandeman Batang. Sedangkan delapan jembatan lainnya sepanjang 36 kilometer ini, masih belum selesai dan kendaraan akan melintas jembatan darurat.

Kondisi jalan belum sepenuhnya selesai dikerjakan, sejumlah titik masih berdebu karena proses pengerjaan dengan alat berat. Disetiap perlintasan jalan  nantinya akan ditempatkan petugas untuk mengatur kendaraan.

Pimpinan proyek jalan tol Batang Semarang, Deni Dwi Septiadi mengatakan proses pengerjaan yang memakan waktu yakni jembatan sungai Sambong dan fly over di pantura Kandeman. “Rencananya Kamis tanggal 25 Mei jalur pantura akan ditutup guna pemasangan jembatan. Penutupan akan dilakukan selama kurang lebih 8 jam karena ada 12 grider yang akan dipasang. Nantinya arus kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif,” jelasnya Selasa (23/05) siang saat memantau pekerjaan fly over Kandeman.

Sementara untuk jembatan lainnya, terpaksa menggunakan jembatan darurat hanya untuk kendaraan kecil. “Nantinya kendaraan akan keluar di wilayah Gringsing perbatasan dengan Kendal dan bisa kembali masuk ke jalan tol dari pintu masuk Mangkang hingga tembus ke Manyaran,” imbuhnya.

Pantauan sepanjang 36 kilometer dari Pasekaran hingga Gringsing pengerjaan pengecoran dilakukan di sejumlah titik. Pengecoran tipis ini nantinya akan dilalui kendaraan saat arus mudik. Sementara pengerjaan jembatan difokuskan pada jembatan sambong dan jembatan fly over Kandeman.

Untuk ruas tol Batang Semarang yang melintasi Kabupaten Kendal masih belum bisa karena proses ganti rugi yang belum selesai hingga sekarang. Kendaraan yang melintas jalan tol Batang Semarang bisa dialihkan jika terjadi kemacetan di sepanjang jalan tol melalui jalan kampung hingga tembus kembali ke jalur pantura. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

32 − 27 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.