Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu akan Ditutup

Jumlah korban kecelakaan di perlintasan yang terjadi kereta tertemper dengan kendaraan bermotor sebanyak 395 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 59 jiwa

KENDAL – Jumlah perlintasan sebidang yang tidak dijaga di wilayah Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang sebanyak 344. Sejumlah perlintasan tidak dijaga mulai ditutup karena membahayakan.

Gerakan nasional keselamatan di perlintasan KA diluncurkan Jumat (3/5/2019) di perlintasan Desa Nawangsari Weleri Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kecelakaan di perlintasan tanpa palang pintu akibat ketidakhati-hatian saat melintas. Meski sudah ada tanda peringatan namun banyak pengguna jalan, tidak memperhatikan keselamatan saat melewati perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

Dari data Direktorat Keselamatan Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan jumlah perlintasan sebidang di wilayah Daop 4 Semarang ada 122 sudah dijaga dan 344 perlintasan tidak dijaga dan tidak berpalang pintu.

Tahun 2018 jumlah korban kecelakaan di perlintasan yang terjadi kereta tertemper dengan kendaraan bermotor sebanyak 395 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 59 jiwa dan luka ringan 77 orang serta luka berat 109 orang.

Upaya meningkatkan keselamatan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian melakukan sosialisasi dan stimulan gerakan nasional selamat di perlintasan kereta di perlintasan Desa Nawangsari Weleri Kendal, Jumat (3/5/2019).

Sambil membawa poster warga diminta lebih berhati-hati saat melewati perlintasan yang tidak terjaga. Rambu-rambu dan peringatan juga dipasang di titik-titik rawan perlintasan tanpa palang pintu dan tidak terjaga, agar kecelakaan di perlintasan ini bisa dikurangi.

Eksekutif Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Daniel Johanes Hutabarat mengatakan sejumlah perlintasan sudah ditutup untuk mengurangi risiko kecelakaan.

“Dalam triwulan pertama tahun 2019 ini sudah ada 7 perlintasan yang ditutup, tahun 2018 lalu PT KAI Daop 4 Semarang sudah menutup 16 perlintasan sebidang yang tidak dijaga dan tahun 2017 lalu 103 perlintasan ditutup,” jelasnya.

Aksi gerakan nasional selamat di perlintasan kereta api dilakukan dengan melengkapi perlintasan dengan fasilitas keselamatan, melakukan evaluasi secara berkala terhadap fasilitas keselamatan di perlintasan. Tidak hanya itu kondisi jalan pada perlintasan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan juga akan diperbaiki dan menempatkan petugas jaga di perlintasan kereta api.

“Yang terpenting adalah melakukan edukasi dan sosialisasi disiplin mengemudi di perlintasan dan menegakkan hukum terhadap pelanggar aturan di perlintasan kereta api. Spanduk dan alat peringatan tambahan juga akan dipasang untuk mengurangi kecelakaan di perlintasan kereta api,” pungkasnya. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.