Perkuat Pengamanan Pemilu, Libatkan Polwan Patroli Dialogis

Semua personel akan bergabung dengan personel di setiap satuan wilayah ditambah dengan personel dari TNI.

SEMARANG – Pasukan perkuatan pengamanan pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2019 telah diberangkatkan dari Mapolda Jateng ke Polres jajaran pada Senin (15/4) pagi. Pasukan yang digeser ke satuan wilayah tersebut berjumlah sekitar 3.158 personel. Ribuan pasukan tersebut akan membackup kekuatan yang sudah ada di masing-masing wilayah untuk mengamankan dan menjaga kelancaran proses pemungutan suara.

 

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat mengecek kesiapan pasukan sebelum diberangkatkan ke sejumlah wilayah untuk perkuatan pengamanan.(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

 

Ribuan pasukan yang digeser ke wilayah tersebut terdiri atas 1.576 personel staf Mapolda, 906 personel Dit Sabhara, Bintara Remaja (Baja) 384 personel, pasukan dari SPN 110 personel, Akpol 126 personel, dan Pusdik Binmas 50 personel. Ditambah dari Sat Brimob Polda Jateng masing-masing 30 personel di tiap Polres.

“Pagi tadi telah dilakukan apel pemberangkatan pasukan untuk di-BKO-kan (backup) ke wilayah Polda Jateng yang membutuhkan penambahan perkuatan pengamanan,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Ribuan personel tersebut akan menambah perkuatan pengamanan di Polres Cilacap, Polres Grobogan, Polres Brebes, Polres Pemalang, Polres Magelang, Polres Batang, Polres Tegal, dan Polres Kendal.

“Personel yang digeser juga melibatkan Polwan Mapolda Jateng untuk melaksanakan patroli dialogis. Semua personel yang diterjunkan akan bergabung dengan personel yang sudah ada di setiap satuan wilayah ditambah dengan personel dari TNI,” jelasnya.

Sementara untuk pengamanan tersebut, Polda Jateng mengerahkan kekuatan sebanyak 23.370 personel. Tambahan personel dari TNI sebanyak 14.000 orang.

“Jadi untuk pengamanan TPS di Jateng akan melibatkan 27 ribuan personel TNI-Polri dan akan dibantu oleh 300 ribu lebih Linmas. Nantinya 2 personel Polri akan mengamankan 10 sampai 15 TPS,” ungkap Condro. (aka)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.