Peringati May Day, 4 Ribu Buruh Jalan Kaki Bersama Ganjar

p_20160501_063224.jpg
?
UNGARAN- Empat ribu pekerja di Kabupaten Semarang merayakan May Day atau Hari Buruh Internasional dengan cara berbeda, Minggu (1/5). Tidak dengan demo atau turun ke jalan, melainkan jalan sehat bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Jalan sehat dimulai dari Rumah Dinas Bupati Semarang pukul 06.00. Bersama Ganjar, ribuan buruh berjalan kaki sejauh 2,4 kilometer dengan finish juga di rumah dinas bupati. Sembari jalan, para buruh mengobrol dan bercanda dengan gubernur yang didampingi Bupati Semarang Mundjirin dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jateng Wika Bintang. Pemandangan menarik terjadi seusai start, para buruh nampak berebutan selfie dengan gubernur. Sejumlah buruh wanita bahkan menarik-narik kaos gubernur berambut putih itu.?

Usai jalan sehat, para buruh berkumpul di halaman rumah dinas bupati. Sembari menunggu pengundian doorprize, buruh menikmati hiburan musik dan makan bersama.?
?
Dalam sambutan menjelang start, Ganjar mengaku bahagia dengan kerukunan buruh, pengusaha dan pemerintah di Jateng. Jalan sehat di Ungaran adalah bukti bahwa kelompok tripartit di Jateng tidak saling berseteru. “Karena kerukunan adalah kunci kita bersama-sama membangun Jateng. Meski ?ekonomi sedang sulit, tapi kita berusaha tidak ada PHK. ?Bahkan kita ciptakan lapangan kerja baru,” tegasnya.

Berikutnya Ganjar meminta para pekerja terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Harapannya kinerja meningkat dan bisa bersaing dengan tenaga kerja dan produk asing yang membanjiri Indonesia belakangan ini.?
?
“Tugas kami di pemerintahan memperjuangkan hak-hak pekerja. ?Upah kita terus tingkatkan, juga perumahan dan ?urusan dasar lain seperti pendidikan dan kesehatan,” katanya.?
?
?Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jateng Wika Bintang mengatakan, ?sudah kali kedua Pemprov Jateng membuat terobosan dengan memberi warna baru peringatan May Day. Tahun lalu May Day yang diikuti buruh, pengusaha, dan pemerintah digelar di 18 kabupaten kota. Tahun lalu gubernur mengawali May Day dengan jalan sehat bersama ribuan buruh di Magelang mengitari Komplek Candi Borobudur.

“Tahun ini jumlah meningkat, sekarang acara digelar di 27 daerah. Tahun depan targetnya sudah mencakup 35 kabupaten kota,” katanya.
?
Di 27 kabupaten kota itu, lanjut Wika, acaranya kurang lebih sama. Yakni jalan sehat, dilanjutkan panggung gembira, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.??

Selain di Ungaran, Ganjar juga menghadiri peringatan May Day di PT Sandang Asia Maju Abadi, Kawasan Industri Wijayakusuma Kota Semarang. Dilanjutkan acara yang sama di Stadion Utama Kendal.
?
“Khusus di semarang, selain dialog dengan gubernur juga ada pemeriksaan IVA untuk buruh perempuan,” tutup Wika. (byo)?

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 6 = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.