Perekonomian Jateng Tumbuh Positif di Triwulan I

Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat perekonomian di Jawa Tengah tumbuh positif di triwulan I-2019. Pertumbuhan mencapai 5,14% secara year on year (yoy).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Sentot Bagus Widoyono. Foto: metrojateng.com/dok

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, dibandingkan triwulan IV-2018 perekonomian Jateng tumbuh sebesar 1,83%. Adapun, pertumbuhan tersebut disumbang oleh sejumlah faktor.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum yang meningkat 12,55%. Kemudian dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT yang tumbuh sebesar 12,41%,” ungkapnya, Senin (6/5/2019).

Diketahui, struktur ekonomi Jawa Tengah pada triwulan I-2019 dari sisi produksi masih tetap didominasi oleh lapangan usaha Industri Pengolahan yaitu sebesar 34,20%. Sedangkan dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) yang mencapai sebesar 60,86%.

Sentot menjelaskan, perekonomian Jawa Tengah berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I-2019 mencapai Rp328.002,76 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp240.347,87 miliar.

“Untuk struktur ekonomi Jawa Tengah pada triwulan l-2019 dari sisi produksi masih tetap didominasi oleh lapangan usaha Industri Pengolahan yaitu sebesar 34,20%. Sedangkan, dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) yang mencapai sebesar 60,86%,” tandasnya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.