Penyet Ikan Janjang, Kuliner Asli Pati Penambah Stamina

Seorang pengunjung menjajal menu ikan janjang di warung Mbah Bejo di kompleks kuliner puja sera Pati. Foto: Rhobi Shani
Seorang pengunjung menjajal menu ikan janjang di warung Mbah Bejo di kompleks kuliner puja sera Pati. Foto: Rhobi Shani

PATI – Jika bosan dengan kuliner berbahan dasar ikan yang itu-itu saja, maka kuliner yang satu ini patut dicoba. Yaitu penyet ikan janjang. Selain memiliki rasanya yang nikmat, ikan janjang memiliki berjuta khasiat.

Dimana bisa menikmati lezatnya penyet ikan janjang? Jika berkunjung ke Kabupaten Pati, bisa mampir diwarung Mbah Bejo di kompleks kuliner puja sera Pati.

Ya, penyet ikan janjang merupakan menu andalan yang digemari para pelanggan. Yunarni Sandra, pemilik warung makan penyet ikan janjang berbagi resep rahasia mengolah ikan janjang.

Pertama, dibutuhkan ikan janjang segar serta bumbu-bumbu seperti cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, trasi, jeruk nipis, dan garam. Langkah berikutnya, ikan segar dilumuri dengan bumbu-bumbu tersebut yang telah dihaluskan.

“Kemudian ikan janjang digoreng hingga matang, setelah ikan matang disajikan bersama tahu tempe goreng beserta lalapan dan sambal,” ujar Yunarni.

kuliner-ikan-janjang-pati-2

Ide awal memilih menu penyet ikan janjang sebagai andalan, Yunarni melanjutkan, lataran ingin menampilkan menu kuliner penyet yang berbeda dengan menu penyet ikan pada umumnya.Tak hanya itu, ikan janjang memiliki berbagai macam manfaat.

“Kandungan kolesterol ikan janjang ini rendah, serta dapat menambah stamina sehingga baik untuk kesehatan,” kata Yunarni.

Salah satu pelanggan setia penyet ikan janjan, Sandy menuturkan, alasan menyukai penyet ikan janjang,  lantaran menu yang satu ini memiliki rasa yang lezat. Rasa gurih dan manis berpadu jadi satu dalam daging ikan.

“Ditambah sambal dan lalapan, hem… sedep. Selain itu harganya juga murah, hanya Rp. 15 ribu per porsi,” kata Sandy. (Oby)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 64 = 67

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.