Penyaluran Kredit Tunaiku Capai Rp 1 Triliun

Pada awal Tunaiku beroperasi, sebagian besar dana pinjaman yang berhasil disalurkan digunakan oleh penerima pinjaman untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

SEMARANG – Penyaluran kredit financial tecnology (fintech) Tunaiku tumbuh signifikan sejak hadir di Indonesia tahun 2014. Tercatat dari tahun 2014 hingga sekarang penyaluran kredit sudah mencapai Rp 1 triliun. Sebagai pionir fintech di Indonesia, bisnis Tunaiku mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jumlah pengunduh aplikasi kini mencapai lebih dari satu juta orang dan jumlah nasabah sebanyak lebih dari 200 ribu orang.

Managing Director Amar Bank, Vishal Tulsian. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Managing Director Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan, Tunaiku merupakan bagian bisnis dari Amar Bank. Saat merintis Tunaiku, peluang fintech di Indonesia belum terbuka dan berkembang. Padahal bisnis ini memiliki misi sosial

“Memang tidak mudah mendirikan Tunaiku di Indonesia. Langkah yang saya tempuh saat itu memang cukup panjang. Perjalanannya mulai dari datang ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga berhasil mendapatkan izin dari pemerintah dan akhirnya berdirilah platform Tunaiku sejak tahun 2014, sebagai produk pinjaman tanpa agunan Amar Bank,” katanya, Senin (20/5/2019).

Pada awal Tunaiku beroperasi, sebagian besar dana pinjaman yang berhasil disalurkan digunakan oleh penerima pinjaman untuk membiayai kebutuhan sehari-hari yang mendesak, seperti, pengobatan ke rumah sakit. Sekarang, lebih banyak dari mereka meminjam untuk merenovasi rumah, modal usaha mikro, dan pendidikan.

“Pertumbuhan Amar Bank ini turut berperan pada pertumbuhan kredit perbankan di Indonesia yang mencapai 12,45 persen di sepanjang tahun 2018. Dari sisi rasio net pinjaman bermasalah (NPL) pada 2018 mencapai -0.61 persen. Layanan Tunaiku saat ini tersedia di 16 kota besar. Nilai pinjaman yang ditawarkan berkisar Rp 2 juta sampai dengan Rp 20 juta dengan tenor pinjaman 6-20 bulan,” jelasnya.

Pertumbuhan tersebut memperlihatkan besarnya kebutuhan masyarakat terhadap produk perbankan yang menyediakan layanan kredit serta layanan perbankan lainnya. Amar Bank sebagai bank modern yang berada pada era digital, menghadirkan teknologi untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah terhadap pelayanan kredit yang cepat dan masif melalui produk unggulannya, Tunaiku.

Dengan adanya pencapaian yang cukup tinggi, Vishal mengaku optimistis melihat geliat pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

“Saya optimis pertumbuhan perekonomian akan semakin baik lagi di tahun 2019, dan Amar Bank akan menjadi bagian dari pertumbuhan ini. Terutama dengan berkembang pesatnya Tunaiku, akses layanan keuangan akan menjadi semakin luas sehingga dapat memacu percepatan inklusi keuangan di Indonesia,” tuturnya.

Mengenai strategi lahun 2019, Vishal berharap Tunaiku dapat menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas, meningkatkan maksimum jumlah pinjaman, dan menjangkau lebih banyak pengusaha bisnis mikro atau UMKM. (ang)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.