Pengusaha Kendal Ini Blusukan Demi Sapi Jumbo Untuk Kurban

Salah satu sapi jumbo yang akan disembelih untuk kurban di Kelurahan Pekauman, Kendal. (foto: metrojateng.com/edy prayitno)

KENDAL -  Tidak kalah dengan Presiden Joko Widodo, seorang pengusaha di Kendal, Sayyid Mohamad Reza Alhasniy, berkurban dua ekor sapi jumbo. Sapi dengan berat hampir satu ton itu dibeli dari peternakan di daerah Gunungpati, Kota Semarang, sehari sebelum Idul Adha. Rencananya, daging kurban dari kedua sapi tersebut akan dibagikan kepada warga sekitar rumahnya di kelurahan Pekauman, Kabupaten Kendal.

Menurut Sayyid, perburuan sapi berukuran besar itu tidak gampang. Kebanyakan sapi di sejumlah pedagang tidak terlalu besar, dibawah 300 kilogram. Sayyid blusukan ke peternak di daerah Gunungpati untuk mendapatkan sapi jenis semental berukuran jumbo. “Sempat stres juga lebaran kurang sehari  belum dapat sapi jumbo,” katanya.

Namun akhirnya, sapi dengan berat 900 kilogram didapat dan dibeli dengan harga hampir Rp 50 juta. “Alhamdulillah dapat dua ekor sapi beratnya yang satu 900 kilogram yang satunya lebih dari 600 kilogram,” imbuh Sayyid.

Kurban sapi dengan ukuran besar dimaksudkan Sayyid, agar jumlah daging yang dibagikan lebih banyak. Sebab warga yang mengantri untuk mendapatkan daging selalu berjubel.

“Kita sembelih sendiri di rumah dan dagingnya dibagikan ke warga sekitar. Karena jumlah warga banyak jadi yang cocok ya sapi ukuran jumbo. Karena dagingya lebih banyak dan cukup untuk warga,” pungkasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.