Penderita Covid 19 di Banyumas Turun

 

PURWOKERTO – Tingkat kesadaran warga Banyumas dalam mematuhi protokol kesehatan terus meningkat. Peningkatan kesadaran ini berdampak pada menurunnya jumlah kematian pada penderita covid 19.

Kepala dinas kesehatan kabupaten Banyumas, Sardiyanto kepada wartawan di Purwokerto Saptu (20/3) mengatakan pada bulan Desember 2020 jumlah penderita covid -19 yang meninggal dunia mencapai 138 orang. Pada bulan Januari 2021 jumlah penderita covid – 19 menurun menjadi 135 orang, dan pada bulan Pebuari menurun tajam menjadi 72 orang.

” Ini merupakan kemajuan yang sangat menggembirakan, trennya cenderung terus menurun.,” Ujar Sardiyanto.

Lebih lanjut dikatakan pada bulan maret sampai memasuki minggu ketiga tercatat hanya 18 orang yang meninggal dunia.

Peningkatan kesadaran masyarakat ini. diiringi pula dengan gencarnya pemerintah daerah dalam mensosialisasikan tentang apa. dan bahaya dan penularan covid 19 serta program vaksinasi. Program vaksinasi saat ini masih dilakukan terhadap lansia, yang dinilai rentan tertular virus covid 19.

Sampai saat ini Dinas Kesehatan kabupaten Banyumas telah memvaksin sekitar 30.000 orang. 10.000 ribu di antaranya vaksin untuk lansia.

Sementara itu bupati Banyumas Akhmad Husain. mengatakan selain fokus pada vaksinasi Lansia. juga diarahkan kepada kelompok rentan Pra lansia yang mempunyai komorbit atau penyakit bawaan.

“Warga masyarakat yang mempunyai komorbin, kalau terserang virus corona 19, banyak berakibat fatal hingga kematian, sehingga diutamakan”, Ujar Akhmad Husain.(bin)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.