Penataan Instalasi Listrik Asal-asalan Rawan Kebakaran

Wali kota mengimbau agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan, apalagi cuaca sangat panas.

SEMARANG- Pola perilaku menggunakan instalasi listrik dengan resiko tinggi harus mulai ditinggalkan. Seperti menggunakan satu saklar untuk dipakai banyak fitting listrik yang rawan sekali menyebabkan kebakaran.

Ilustrasi. Petugas PLN melakukan penyambungan listrik kepada pelanggan. Foto: metrojateng.com/istimewa

“Diperiksa instalasinya sudah benar atau belum. Jangan satu saklar dipakai untuk satu tumpuk-tumpuk fitting listrik. Atau istilahnya salome, satu lobang rame-rame (dipakai untuk macam-macam), jangan seperti itu,” ujar Senin (17/09/2018).

Imbauan itu terkait dengan bencana kebakaran di Kota Semarang. Wali kota mengimbau agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan, apalagi cuaca sangat panas.

“Cuacanya sangat mendukung hal-hal yang sifatnya menyebabkan kebakaran. Ketika ada sesuatu yang memantik api bisa cepat berkembang menjadi kebakaran hebat,” katanya.

Wali Kota yang akrab disapa Hendi mengungkapkan, jika mempunyai instalasi listrik di rumah, maka warga harus menggunakannya secara wajar dan tidak berlebihan. Hal itu bisa menghindari terjadinya resiko hubungan arus pendek yang dapat memicu terjadi kebakaran. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.