Pemkot Tegal Pecahkan Rekor Pengiriman Dokumen Terbanyak

Disdukcapil melibatkan sedikitnya 485 mitra ojek daring untuk mengantarkan dokumen kependudukan kepada pemohon.

TEGAL – Pemecahan Rekor Muri kategori layanan dan pengiriman dokuman kependudukan terbanyak berhasil dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, bekerja sama dengan ojek daring, Senin (21/10/2019) siang.

Ratusan pengemudi ojek daring menunjukkan dokumen kependudukan yang akan dikirim kepada para pemohon. Foto : metrojateng.com/ adithya

Disdukcapil melibatkan sedikitnya 485 mitra ojek daring untuk mengantarkan dokumen kependudukan kepada pemohon. Layanan ini bisa dilakukan, setelah pemohon mengakses program inovasi layanan aplikasi administrasi kependudukan bernama Jakwir Cetem.

Jakwir cetem merupakan singkatan dari Aja Kosih Wira-Wiri, Cepat dan Tepat Melayani. Dimana peluncuran aplikasi ini berbarengan dengan pemecahan Rekor Muri di di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kompek Balai Kota Tegal.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono didampingi Wakil Wali Kota, M Jumadi turut mengantarkan dokumen kependudukan ke rumah salah satu pemohon di Jalan KH Mukhlas menggunakan sepeda motor.

“Kami menjamin kerahasiaan dokumen meski diantar oleh ojek daring. Program ‘Jakwir Cetem’ ini untuk mendekatkan dan mendukung pelayanan administrasi cepat ke masyarakat berbasis online,” tegasnya.

Tak hanya hanya pelayanan cepat dan siap antar dokumen kependudukan, untuk pembuatan dokumen kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK) juga bisa dilakukan dengan jemput bola. Sehingga pemohon tidak perlu mengurus ke kantor Disdukcapil, namun cukup menggunakan layanan online dan tinggal menunggu dokumen jadi untuk diantar. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.