Pemkot Tegal Ambil Alih Rehab Rumah Nenek Fathonah

Selama mendapat perbaikan tempat tinggal, Fathonah akan menjalani pendampingan di rumah singgah untuk sementara.

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal akhirnya memberikan bantuan untuk nenek Fathonah. Hal ini mengemuka, usai Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono melakukan tinjauan ke kediaman Fathonah di Jalan Samadikun, Kelurahan Tunon, Kecamatan Tegal Selatan, Senin (15/4/2019) siang.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono didampingi sejumlah SKPD Pemkot Tegal meninjau kediaman nenek Fathonah di Kelurahan Tunon. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Sudah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial untuk bisa memperbaiki rumah Ibu Fathonah. Sehingga beliau dapat memiliki tempat tinggal yang layak,” kata Dedy Yon.

Wali Kota mengaku, kondisi rumah Fathonah jauh dari kata layak dan sangat memprihatinkan. Terlebih, dalam satu ruangan tersebut, Fathonah menggunakannya untuk istirahat, memasak dan juga mandi cuci kakus (MCK).

Untuk itu, dalam tinjauannya Wali Kota langsung meminta Kepala Dinsos memberikan bantuan dengan menggunakan anggaran yang tepat. Hal lainnya pula, bantuan kesehatan serta kelangsungan hidup ke depan. Mengingat putra sulungnya mengalami keterbelakangan mental.

“Tidak hanya rehab saja, tetapi keseluruhan yang dibutuhkan juga kita perhatikan. Bahkan, tidak untuk Ibu Fathonah saja, tetapi juga bagi para lanjut usia (lansia) lainnya yang ada di Kota Tegal,” pungkas Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta menyebut, selama mendapat perbaikan tempat tinggal, Fathonah akan menjalani pendampingan di rumah singgah untuk sementara. Jika nanti rumah tinggal telah selesai diperbaiki, pihaknya akan memberikan pilihan.

“Sementara kita tempatkan Ibu Fathonah di rumah singgah. Kalau rumah beliau sudah jadi dan layak, nanti kita persilakan untuk ditempati. Tetapi jika beliau merasa lebih betah di rumah singgah, kita tidak akan memaksakan untuk pergi,” bebernya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, nenek Fathonah (75) warga RT 02/ RW II Kelurahan Tunon terpaksa tinggal di bangunan seluas 4×4 dengan kondisi yang memprihatinkan. Nenek beranak dua ini mendadak viral di jagat dunia maya, setelah salah satu akun memposting kondisi nenek Fathonah di jejaring sosial Facebook.

Setelah viral diperbincangkan, kini banyak uluran perhatian datang dan puncaknya Pemkot Tegal memberi bantuan rehab serta pendampingan di rumah singgah. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.