Pemkot Solo Akan Buka 600 Formasi CPNS

SOLO– Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendapat jatah penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 600 formasi. Akan tetapi, jumlah tersebut belum menutup kekurangan kebutuhan PNS Kota Solo.

PNS Kota Solo

Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto. Budi mengatakan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah memberikan jatah penerimaan CPNS. Namun pendaftaran tersebut belum bisa dipastikan kapan akan mulai dibuka, pasalnya saat ini pemkot belum menyiapkan anggaran penerimaan CPNS di tahun anggaran 2018.

“Kita harus menyiapakan di 2018, tapi nanti di perubahan akan dibahas lagi dan dianggarkan di perubahan. Anggaran itu untuk menyiapakan proses pendaftaran yang dibebankan pemda setempat,” ujarnya.

Selain akan mempersiapkan mekanisme anaggaran, Pemkot juga belum menerima formasi apa yang akan dibuka nantinya. Mengingat saat ini pemkot sangat kekurangan PNS di bidang pendidikan, kesehatan, dan administrasi umum di kelurahan.

Budi menjelaskan setiap tahunnya terdapat sekitar 500 PNS yang memasuki masa purnatugas atau pensiun. Kekurangan PNS secara keseluruhan di Kota Solo mencapai 3.000 PNS. Adanya penambahan 600 formasi baru cpns tersebut, dirasa kurang dan belum menutup kekurangan kebutuhan PNS di Pemkot Solo.

“Setahun itu pensiun sekitar 400 sampai 500, artinya 900, itu masih kurang. Kita tidak juga mengutamakan TKPK (Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja.red) tapi kalau memenuhi persyarakat ya silakan, tidak ada jaminan TKPK bisa jadi PNS juga,” jelasnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 73 = 79

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.