Pemkot Semarang Gandeng RSUP Dr Kariadi untuk Layanan Darurat Jantung

Penyakit jantung mendominasi 12,9 persen kasus penyebab kematian di Indonesia.

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang berkolaborasi dengan RSUP Dr Kariadi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Mereka sepakat bekerja sama untuk menginisiasi layanan gawat darurat yang lebih spesifik yaitu penanganan penyakit jantung.

Wali Kota Semarang saat penandatanganan kerja sama dengan RSUP Dr Kariadi di Balai Kota Semarang. Foto: metrojateng.com/masrukhin abduh

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Wali Kota Semarang Hendar Prihadi dan Direktur RSUP Dr Kariadi Agus Suryanto, pada kegiatan peringatan ulang tahun ke-93 RSUP Dr Kariadi di halaman Balai Kota Semarang, Minggu (9/9/2018).

Inovasi lainnya sebelumnya juga dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Seperti peluncuran program berobat gratis untuk seluruh masyarakat, kosultasi dokter online gratis, ambulans siaga dan gawat darurat gratis, hingga ambulans motor.

Hendi, sapaan Hendrar Prihadi menuturkan, kerja sama tersebut menjadi penting karena penyakit jantung mendominasi 12,9 persen kasus penyebab kematian di Indonesia. Sedangkan RSUP Dr Kariadi telah menjadi rujukan dalam penanganan penyakit jantung.

‘’RSUP Dr Kariadi telah menjadi rujukan nasional untuk penanganan penyakit jantung dan kanker, sehingga melalui kerja sama ini Pemkot Semarang dan Kariadi akan melebur untuk bergerak bersama dalam memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat Semarang,’’ ungkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Direktur RSUP Dr Kariadi, kata dia, umumnya sakit jantung ini menyebabkan meninggal dunia karena telat mendapat pertolongan pertama.

‘’Hari ini kami punya sistem gawat darurat 112 lengkap dengan sarana ambulansnya, sedangkan Kariadi punya dokter dan fasilitas rumah sakitnya. Ini yang akan kita kolaborasikan,’’ katanya.

Di sisi lain, Direktur RSUP Dr Kariadi, Agus Suryanto menegaskan kerja sama ini dilakukan didasari oleh sebuah tanggung jawab bahwa RSUP Dr Kariadi adalah milik masyarakat khususnya warga di Kota Semarang.

‘’Dengan adanya kerja sama ini diharapkan RSUP Dr Kariadi dapat lebih dirasakan lagi sebagai milik masyarakat khususnya Kota Semarang,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.