Pemkot Semarang Akan Membuat Air Mancur di Jembatan BKB

10 Koreografi dengan Lampu Warna-Warni

Proyek air ini kami garap secara serius dengan anggaran Rp 17 miliar selama empat bulan sejak Agustus.

SEMARANG- Pemerintah Kota Semarang berupaya mempercantik Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) sebagai destinasi wisata. Hal tersebut dilakukan dengan membuat air mancur di sepanjang jembatan BKB.

Sebuah alat berat sudah siap digunakan untuk memulai pengerjaan air mancur di Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Kota Semarang, Jumat (7/9/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan, pembuatan air mancur saat ini sudah mulai dikerjakan. Tahap awal berupa intake untuk pembuatan sumur pompa di dalam sungai.

“Proyek air ini kami garap secara serius dengan anggaran Rp 17 miliar selama empat bulan sejak Agustus,” katanya, Jumat (07/09/2018).

Iswar menuturkan, akan ada tiga air mancur yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan jembatan BKB. Serta satu lagi di tengah antara dua jembatan yang ada di BKB. Konsep air mancur nantinya adalah air disedot menggunakan pompa, kemudian disemprotkan dari kanan kiri jembatan ke arah sungai.

“Air mancur itu akan bergerak-gerak sesuai pola yang diinginkan. Ada 10 koreografi atau lagu yang dimainkan lengkap dengan lampu warna-warni. Namun air mancur ini hanya akan dihidupkan pada malam hari atau siang hari pada jam-jam tertentu,” jelas Iswar Aminudin.

Ditambahkan, mengingat sejumlah komponen untuk proyek harus didatangkan dari Korea, pihaknya berhati-hati dalam memilih kontraktor. Kontraktor pemenang lelang yaitu dari Jawa Barat yang pernah berpengalaman mengerjakan proyek setiap di Abu Dhabi.

“Selain komponennya harus impor anggaran yang digunakan juga terbilang besar. Kami harus memastikan kontraktor ini memang benar-benar mampu,” tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.