Pemkot Akan Bangun Tiga Embung di Tembalang

Selain berfungsi sebagai penahan air atau banjir, tiga embung itu juga bisa menjadi sumber air baku.

SEMARANG – Pemkot Semarang akan membangun tiga embung di wilayah Tembalang. Hal itu diharapkan dapat mengantisipasi dan meminimalisir banjir yang terjadi di daerah tersebut.

Lumpur sisa banjir berada di jalanan, Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Selasa (25/12/2018). Pemkot berencana membangun tiga embung di Semarang bagian atas. Foto: metrojateng.com/efendi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, tiga embung itu akan berfungsi sebagai area tangkapan air. Detail engineering design (DED) pembangunan saat ini sudah jadi. Sehingga diharapkan tahun 2020 pembangunan sudah akan dmulai.

‘’Sebab di tahun 2019 ini, belum dianggarkan untuk pembangunan ketiga embung tersebut. Sesuai desain, diharapkan nantinya embung bisa memiliki daya tampung hingga sekitar 43 ribu meter kubik,’’ katanya, Selasa (1/1/2019).

Disebutkan, selain berfungsi sebagai penahan air atau banjir, tiga embung itu juga bisa menjadi sumber air baku. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih warga di sekitarnya.

Sementara Camat Tembalang, Heru Sukandar mengatakan, pihaknya akan menginventarisasi beberapa aset tanah milik Pemkot untuk diusulkan jadi embung. Kebutuhan embung diakui memang sangat mendesak. Karena banjir di daerah atas cukup sering terjadi, apalagi ketika hujan lebat. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.