Pemkab Brebes Gelontorkan Rp 55 Miliar untuk THR ASN dan Pensiunan

THR ini diberikan paling cepat H-10 Lebaran atau tepatnya pada 24 Mei 2019 mendatang,

BREBES – Sebanyak Rp 55 miliar akan dicairkan Pemerintah Kabupaten Brebes untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan. Rencananya, dana tersebut akan diberikan pada 24 Mei 2019 atau 10 hari menjelang Lebaran. Demikian disampaikan Pj Sekda Brebes, Djoko Gunawan, Jumat (17/5/2019) di kantor Setda Brebes.

Ilustrasi

“Pembayaran THR bagi ASN dan pensiunan di Brebes tahun ini sudah dianggarkan dalam APBD 2019 sebesar Rp 55 miliar. Jadi kita tidak ada masalah dalam soal THR ini,” ujar Djoko kepada metrojateng.com.

Menurutnya, pemberian THR bagi ASN di Kabupaten Brebes mendasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019. Disebutkan dalam peraturan tersebut, dalam rangka pemberian THR harus ditindaklanjuti dengan Peraturan Kepala Daerah atau Peraturan Bupati (Perbup) dan saat ini sedang dalam penyusunan.

“Insha Allah kalau melihat arahan Bapak Presiden, THR ini diberikan paling cepat H-10 Lebaran atau tepatnya pada 24 Mei 2019 mendatang,” tandasnya.

Diungkapkan, pembayaran THR ASN itu membutuhkan anggaran hingga Rp 55 miliar. Anggaran itu telah dialokasikan dalam APBD tahun 2019 ini. Selain THR, anggaran itu juga dialokasikan bagi tunjangan penghasilan dan tunjangan kinerja, yang pembayarannya akan dilaksanakan bersama THR.

Jika melihat jumlah ASN di Brebes yang akan menerima THR beserta tunjangan penghasilan serta kinerja, diperkirakan mencapai sekitar 10.000 orang. Adapun besaran THR yang diterima satu kali gaji pokok.

“Besaran THRnya menyesuaikan gaji pokok setiap masing-masing eselon ASN,” ungkapnya.

Lebih lanjut Djoko menerangkan, selain ASN, Pemkab Brebes juga akan memberikan THR kepala pegawai non ASN yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati. Jumlah pegawai jenis itu, di jajaran Pemkab Brebes jumlahnya mencapai sekitar 800 hingga 900 orang.

“Jadi, tidak hanya ASN, tapi juga akan memberikan THR kepada pegawai non ASN yang diangkat berdasarkan SK Bupati. Dengan pemberian THR ini, diharap bisa memotivasi ASN untuk bersemangat meningkatkan kinerja,” pungkasnya. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.