Pemkab Boyolali Sediakan Rp 105 Juta Untuk Bantuan Air Bersih

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

BOYOLALI – Pemkab Boyolali menyediakan anggaran Rp 105 juta untuk bantuan air bersih di musim kemarau. Besaran dana itu sama dengan yang dianggarkan tahun 2014 lalu.  Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Boyolali, Dadar Hawananto, mengatakan anggaran bantuan air bersih tahun 2015 tidak ditambah. Hal ini karena berdasarkan serapan anggaran tahun 2014 lalu, dengan Rp 105 juta sudah bisa memenuhi permintaan bantuan air bersih dari masyarakat di daerah rawan kekeringan.

“Dengan pertimbangan anggaran Rp 105 juta itu mampu memenuhi permintaan bantuan air bersih masyarakat,” ujar Dadar kemarin.

Menurut Dadar, diperkirakan penyerapan anggaran bantuan air bersih mulai dilakukan pada musim kemarau atau sekitar bulan Agustus 2015 mendatang. Untuk persianan penyaluran bantuan air bersih, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada camat utamanya yang daerahnya rawan kekeringan.
“Awal Mei 2015 lalu, saya sudah sampaikan ke camat-camat untuk membuat pemetaan desa–desa yang rawan kekeringan, sehingga ada persiapan data untuk penyaluran bantuan air bersih nantinya,” kata dia.
Di wilayah Kabupaten Boyolali ada tujuh Kecamatan yang rawan kekeringan. Antara lain Kecamatan Musuk, Wonosegoro, Kemusu, Juwangi, Klego dan Selo.

Di wilayah itu setiap musim kemarau, selalu mengalami kekurangan air bersih. Dari tujuh kecamatan tersebut paling rawan di Kecamatan Musuk. Dari 20 Desa ada 11 desa yang rawan kekeringan. Diantaranya, Desa Sangup, Jemowo, Sumur, Mriyan, Cluntang, Dragan, Lampar, Karangkendal, Karanganyar, Sruni dan Desa Ringin Larik.

Dalam melakukan dropping air bersih, pihaknya menjalin kerja sama dengan PDAM Boyolali serta pengusaha air bersih dari pihak swasta. Sementara untuk dropping air bersih di wilayah Boyolali utara, Pemkab Boyolali bekerjasama dengan PDAM Boyolali, Bakorwil Surakarta, PMI Boyolali serta pihak swasta. (MJ-07)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.