Pemkab Banyumas Targetkan Underpass Soedirman Rampung Desember

Underpass Soedirman berfungsi untuk menghindari perlintasan sebidang di wilayah Kelurahan Pasir Muncang, Kecamatan Purwokerto Barat.

BANYUMAS – Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menargetkan Underpass Soedirman rampung Desember mendatang. Rencananya proyek ini bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Poyek Underpass Soedirman ditargetkan rampung pada Desember tahun ini. Foto: metrojateng.com

“Sampai saat ini sudah mencapai 90 %. Sesuai dengan kontrak perkerjaan selesai akhir bulan Desember, dan karena ini merupakan proyek strategis dengan PT KAI menurut rencana akan diresmikan Presiden, sekitar bulan Januari,” kata Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono saat meninjau pembangunan underpass, Jumat (16/11/2018).

Ditambahkan, Underpass Soedirman berfungsi untuk menghindari perlintasan sebidang di wilayah Kelurahan Pasir Muncang, Kecamatan Purwokerto Barat.

Kepala DPU Kabupaten Banyumas, Irawadi menyebutkan pembangunan underpass ini dibuat melingkar dimana pembangunannya terbagi dalam dua segmen. Segmen timur menjadi tanggung jawab Pemkab Banyumas, sedangkan segmen barat menjadi tanggung jawab PT KAI.

“Di bagian timur menjadi tanggung jawab Pemkab Banyumas dengan anggaran Rp 20 miliar,” jelasnya.

Pengerjaan proyek tinggal pengecoran jalan dan finishing. Pengecoran jalan sisi timur belum dilakukan karena masih digunakan untuk akses menunju jembatan proyek underpass.

Irawadi menambahkan, hasil kunjungan kerja Bupati Banyumas ke Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu menghasilkan beberapa kesepakatan dalam penanganan infrastruktur strategis di Kabupaten Banyumas.

Di antaranya infrastruktur jalan jembatan, infrastruktur sumber daya air dan irigasi, infrastruktur perhubungan khususnya perkeretaapian dan infrastruktur penunjang lainnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.