Pemilu 2019, PSK Sunan Kuning Dikerahkan Awasi TPS

Jumlah Pengawas Kurang

Bawaslu terbentur persyaratan berat. Terutama syarat yang berkaitan dengan batas usia 25 tahun serta wajib menguasai teknologi untuk melaporkan data perolehan suara tiap TPS secara online

SEMARANG – Dua bulan mendekati kontestasi Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu Kota Semarang masih kekurangan jumlah pengawas TPS. Kekurangan itu mencapai sekitar 900 orang dari total kebutuhan saat ini mencapai 4.542 orang. Petugas yang ada, kini tengah menyisiri daerah-daerah yang dianggap memiliki penduduk yang padat di Kota Semarang.

sunan kuning
Sosialisasi partisipasi Pemilu serentak 2019 di Aula Resos Argorejo. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

“Jumlah kebutuhan kami 4.542 orang. Dan itu cukup besar. Makanya kita sisir wilayah sampai di kompleks Sunan Kuning untuk mencari orang-orang yang berdomisili di lokasi ini. Sebab kita masih kekurangan 900 orang untuk dijadikan pengawas TPS,” kata Muhammad Amin, Ketua Bawaslu Kota Semarang, saat ditemui metrojateng.com di sela sosialisasi partisipasi Pemilu serentak 2019 di Aula Resos Argorejo, Selasa pagi (26/2/2019).

Kebutuhan pengawas TPS terbanyak ditemukan di empat kecamatan. Amin bilang, keempatnya yaitu Tembalang, Semarang Barat, Gunungpati dan Pedurungan. Di Semarang Barat, kebutuhan pengawas TPS ada 405 orang. “Saat ini, kami masih merekrut pengawas TPS di sini,” kata Amin.

Pihaknya terbentur dengan syarat yang berat. Terutama syarat yang berkaitan dengan batas usia 25 tahun serta wajib menguasai teknologi untuk melaporkan data perolehan suara tiap TPS secara online. Untuk menyiasati kekurangan pengawas TPS, ia mengaku akan melibatkan para pekerja seks yang tinggal di Sunan Kuning.

Amin mengatakan, pihaknya juga mengajak warga setempat meningkatkan partisipasinya sebagai pusat informasi. Hal itu untuk mendeteksi dugaan pelanggaran yang muncul di sekitar rumah-rumah karaoke.

Sebab terkadang ada tempat ibadah yang dipakai untuk kampanye. “Sehingga mereka perlu dilibatkan menjadi informan buat kami, dan laporannya bisa ditindaklanjuti oleh Panwascam Semarang Barat,” ungkap Amin. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.