Pemilih Pemilu 2019 Kota Semarang Berkurang 1.472 Orang 

Penyempurnaan DPT masih akan menunggu data dari KPU Pusat dan ditargetkan akhir Desember DPT.

SEMARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mencoret sebanyak 1.472 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tim Desk Pilkada meninjau sejumlah TPS di Kota Solo. Foto: metrojateng.com

Hal itu dilakukan pasca adanya temuan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait pemilih ganda dalam DPT Pemilu 2019 yang telah ditetapkan KPU Kota Semarang pada tanggal 25 Agustus 2018.

Komisioner KPU Kota Semarang, Kharis Hidayat mengatakan, DPT di Kota Semarang menyusut menjadi 1.132.807 pemilih dari semula 1.134.279. Dia menambahkan, pasca ada rekomendasi dari Bawaslu, pihaknya langsung melakukan pencermatan terhadap DPT yang telah ditetapkan.

“Dari temuan Bawaslu Kota Semarang sebanyak 2.830 pemilih yang ditengarai ganda identik, lalu ditelusuri ternyata sejumlah 1.472 pemilih di antaranya dinyatakan valid ganda,” katanya, Selasa (18/09/2018).

DPT hasil perbaikan tersebut, menurutnya sudah ditetapkan pada rapat pleno yang dilakukan pada tanggal 12 September lalu. Saat ini data tersebut sudah dikirimkan ke KPU Pusat.

“Meski sudah dikirim ke KPU Pusat, nantinya data DPT tersebut masih akan dilakukan penyempurnaan lagi dengan kegandaan lintas kota atau propinsi dan juga terkait DPT yang tidak memenuhi syarat,” ujar dia.

Sesuai dengan instruksi, lanjutnya, penyempurnaan DPT tersebut masih akan menunggu data dari KPU Pusat dan ditargetkan akhir Desember DPT sudah sempurna. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.