Pembayaran Ganti Rugi Jalan Tol Tanpa Potongan Sepeserpun

?

KENDAL – Warga terdampak proyek jalan tol Batang-Semarang yang melintas di Desa Margomulyo dan Dawungsari Kecamatan Pegandon Kendal Kamis (20/10) siang menerima pembayaran ganti rugi. Pembayaran melalui rekening tanpa ada potongan, sesuai dengan kesepakatan harga dengan aprasial.

Pembayaran ganti rugi proyek jalan tol Batang Semarang ini merupakan lanjutan setelah warga di wilayah Weleri menerima ganti rugi.  Sebanyak 48 bidang tanah di dua desa yakni Margomulyo dan Dawungsari  menerima pembayaran ganti rugi.

Ganti rugi diserahkan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kendal, Herry Faturachman dan perwakilan dari Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK Jalan Tol Batang-Semarang, Suhadi di balai Desa Margomulyo.

“Ganti rugi diberikan kepada lima warga dan 18 bidang milik pemerintah desa Margomulyo sementara warga di desa desa Dawungsari ada 25 warga,”ujar Herry Faturachman.

Ditambahkan untuk pembayaran kali ini dana yang dikucurkan sebanyak Rp 28 milyar  lebih. “Tanah yang dibayarkan ganti rugi sudah melalui kesepakatan dan pembayarannya melalui rekening bank tanpa ada potongan,” imbuhnya.

Sedangkan perwakilan PPK tol Batang Semarang, Suhadi mengatakan soal penetapan harga ganti rugi pihaknya tidak mengetahui. “Warga yang sudah sepakat dengan harga dari aprasial, maka pihaknya melakukan pembayaran melalui bank yang sudah ditunjuk,” katanya.

Suhadi menambahkan, warga yang belum sepakat dengan harga dari aprasial akan kembali dimusyawarahkan sehingga ada titik temu berapa ganti rugi yang sesuai. “Permasalahan yang ada biasanya persyaratan yang masih kurang dan belum lengkap. Kita akan coba menyelesaikan seluruh pembayaran ganti rugi setelah ada kesepakatan dengan pihak aprasial,” jelasnya.

Pihak PPK sendiri tidak mengetahui penentuan harga, karena kewenangannya hanya menyelesaikan pengajuan pembayaran ganti rugi saja.

Warga yang menerima pembayaran ganti rugi mengaku, sudah sepakat dengan harga yang diajukan dari pihak aprasial. “Uang pembayaran melalui rekening dan tidak ada pemotongan sesuai dengan harga yang sudah disepakati,” kilah Sunarti, warga Margomulyo.

Jalan tol Batang Semarang yang melintas di Kabupaten Kendal akan membebaskan 3873 bidang sepanjang 37 kilometer dari Weleri hingga Kaliwungu. Hingga saat ini baru 11 persen lahan yang sudah dilakukan pembayaran, yakni di Desa Margomulyo dan Dawungsari di Kecamatan Pegandon, Magelung kecamatan Kaliwungu Selatan, Kertomulyo Kecamatan Brangsong, Nawangsari dan Sambongsari kecamatan Weleri serta Tejorejo dan Wungurejo di kecamatan Ringinarum. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 45 = 50

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.