Pembangunan Pintu Air Demangan Dianggarkan Rp 150 Miliar

Proyek tersebut mendesak dilakukan untuk mengatasi luapan Sungai Bengawan Solo

SOLO – Komisi V DPR RI meninjau sejumlah pembangunan infrastruktur di Kota Solo, Kamis (6/12/2018). Kedatangan rombongan wakil rakyat tersebut disambut oleh Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Rombongan Komisi V DPR RI dan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meninjau lokasi pintu air Demangan, di Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (6/12/2018). Foto: metrojateng.com

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Anton Sukartono Surrato tersebut meninjau sejumlah infrstruktur di antaranya persiapan pembangunan Pintu Air Demangan di Kelurahan Sangkrah, pembangunan Stadion Manahan,  Flyover Manahan, dan pembangunanTaman Air Tirtonadi.

“Kita lihat proyek-proyek ini sudah berjalan dengan baik, ya mudah-mudahan akhir Desember yang flyover tadi bisa segera selesai,” ujar Anton.

Selain itu, Komisi V telah menyepakati adanya pembangunan Pintu Air Demangan sebesar Rp 150 miliar yang dianggarkan dari dana APBN. Proyek tersebut mendesak dilakukan untuk mengatasi luapan Sungai Bengawan Solo yang setiap tahun membanjiri rumah-rumah warga.

Pintu Air Demangan merupakan peninggalan zaman Belanda yang hingga saat ini masih digunakan. Karena banyaknya kapasitas air dan sudah tidak optimalnya fungsi dari pintu air tersebut, Pemkot Solo mengajukan anggaran kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) untuk membuat pintu air baru yang berkapasitas besar. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.