Pembangunan Infrastruktur Jateng Ditunggu Investor

Gerbang tol Ungaran, yang menjadi salah satu bagian dari jalan tol Semarang-Solo. Foto: dok
Gerbang tol Ungaran, yang menjadi salah satu bagian dari jalan tol Semarang-Solo. Foto: dok

SEMARANG – Pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah harus segera dilaksanakan pada tahun 2015 ini. Sebab, kesiapan infrastruktur tersebut telah ditunggu oleh banyak investor dari luar Jateng yang tertarik berinvestasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng, Petrus Edison Ambarura, mengatakan, pengusaha-pengusaha dari sejumlah kota besar, di antaranya Jakarta dan Bandung, tertarik untuk menjadikan Jateng sebagai tempat mendirikan perusahaan mereka. Sehingga, baik Pemerintah, pengusaha, hingga masyarakat, harus bersiap menghadapi hal tersebut.

”Selama ini Jateng memiliki keunggulan dibandingkan provinsi lain, salah satunya adalah dipandang sebagai daerah yang strategis untuk berinvestasi karena Upah Minimum Regional (UMR) mampu bersaing dengan daerah lain. Akan tetapi bersaing di sini bukan berarti jauh lebih rendah sehingga merugikan SDM lho, namun artinya lebih efisien dibandingkan provinsi lain,” jelasnya.

Pembangunan infrastruktur sendiri merupakan tugas Pemerintah, meski demikian memerlukan dukungan dari pihak lain, seperti misalnya masyarakat yang diharapkan lebih kooperatif dalam mendukung Pemerintah untuk membangun infrastruktur di suatu wilayah.

“Seperti misalnya pembangunan PLTU Batang yang sampai saat ini belum menemukan titik terang, padahal ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis listrik di Jawa Tengah pada tahun 2017,” katanya.

Menurut dia, jika tidak ada keseriusan pada salah satu pihak saja maka untuk menjadikan Jateng sebagai provinsi yang lebih maju tidak akan mudah.

Sementara itu, pihak Disperindag berharap agar pembangunan tol Semarang-Solo juga bisa cepat selesai, dengan demikian transportasi bisnis menjadi lebih mudah dan cepat.

Edison menambahkan, pada dasarnya Jateng harus siap menghadapi serbuan dari para investor ini, jika tidak siap maka mereka bisa beralih ke provinsi lain.†(MJ-15)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.