PELP-JN Virtual SMP Nasima; Ketika Milenial Bicara Tentang Kerja

KOPI KEKINIAN: Salah satu alumni SMP Nasima, Ervinska (tengah) bersama suaminya tengah mendemonstrasikan cara meracik minuman kopi kekinian dalam kegiatan Pengenalan dan Eksplorasi Lingkungan/Profesi SMP Nasima. Foto : ist/metrojateng.com

 

SEMARANG – Memberikan pengalaman enterpreunership dan kerja-kerja ekonomi kreatif merupakan kebutuhan bagi anak milenial. Menangkap kebutuhan tersebut SMP Nasima menyelenggarakankan kegiatan Pengenalan dan Eksplorasi Lingkungan/Profesi-Jelajah Nusantara (PEL/P-JN) dengan menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif pada Jumat 9 Oktober 2020.

Biasanya peserta didik di ajak berkunjung ke suatu objek untuk belajar langsung di luar kelas atau mengundang tokoh profesi tertentu untuk hadir ke sekolah. Namun, gegara pandemi Covid-19 kegiatan diselenggarakan secara virtual. Kegiatannya di aula sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan, peserta didik menyaksikan dari rumah masing-masing. Kegiatan diikuti oleh 365 peserta didik SMP Nasima.

Secara kebetulan para pelaku kegiatan ekonomi kreatif tersebut adalah para alumni SMP Nasima: Mereka adalah owner Kopi Maju 57, Ervinska Diva Maharani, dan Direktur Taman Media Indonesia, Rendra Aditama. Selain itu pada sesi berbeda, ada sineas yang aktif terlibat di banyak film-film animasi dan film pendek, Tries Supardi, dan salah satu komisioneri Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Asep Cuwantara MPd.

PEL/P-JN itu sendiri merupakan kegiatan rutin terprogram setiap tengah semester atau akhir suatu tema pelajaran. Semua unit Sekolah Nasima, KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima menyelenggarakannya. PEL/P-JN bertujuan memberikan pemahaman lebih menyeluruh dan mendalam kepada peserta didik tentang suatu materi aplikatif dengan cara mendekatkan dan mengkomparasikan konsep dan teori yang sudah dipelajari di ruang-ruang kelas dengan kenyataan di lapangan.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Nasima, Hj Dwi Astuti SPd MM, menekankan pentingnya inovasi dan terobosan di tengah masa new normal ini dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pelayanan pendidikan dalam jaringan atau daring di semua jenjang Sekolah Nasima dilaksanakan secara berkualitas. Sebagai sekolah inkubator dalam Microsoft Showcase School  Program Sekolah Nasima mampu membuktikan semua kegiatan virtual dengan baik.

“Di Sekolah Nasima, kegiatan-kegiatan baik akademik maupun non akademik tetap dapat dilaksanakan dengan baik, tanpa kehilangan substansi dan tujuan semua kegiatan tersebut termasuk PEL-JN virtual ini”, kata Dwi Astuti.

 

Kegiatan PEL/P-JN virtual tersebut dibagi dalam dua segmen. Pertama untuk kelas VII dan VIII dengan mengangkat tema ekonomi kreatif berupa talkshow  bersama Rendra Aditama dan Ervinska Diva Maharani. Rendra memaparkan tentang kerja-kerja ekonomi kreatif, khususnya di bidang creative contens pada perusahaan yang dipimpinnya.

Sedangkan Vinska yang berpasangan dengan sang suami berkisah tentang seluk beluk bisnis kopi pada gerai kopi miliknya, yaitu Kopi Maju 57. Di akhir sesi dilakukan demonstrasi mengolah kopi sebagai minuman kekinian yang banyak digemari para remaja.

Segmentasi kedua untuk kelas IX berupa talksow  dengan menghadirkan narasumber Asep Cuwantoro MPd yang secara detail menjelaskan tugas dan fungsi lembaga KPID. Setelah itu dilanjutkan dengan workshop produksi film animasi oleh Tries Supardi dengan memanfaatkan aplikasi android, yaitu Stop Motion Studio. Secara umum kegiatan berlangsung lancar dan menarik. Terbukti antusiasme dan respon peserta sangat banyak, terutama pada sesi membuat film animasi. (ris)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.