Pelanggan First Media Jateng Tumbuh 172%

*Konsisten Program #HealthyFirst #SafetyFirst

Business Unit Head wilayah Jawa Tengah & DIY PT Link Net Tbk, Kusnuryono Wahyu Widodo. Foto : ist/metrojateng.com

 

SEMARANG – Selama masa pandemi COVID-19, potensi industri Fixed Broadband Internet di Indonesia masih sangat besar. Secara bisnis, PT Link Net Tbk dengan brand First Media mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan optimis terus bertumbuh meski di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan bisnis.

 

Adanya penerapan social atau pyshical distancing serta Work From Home (WFH), mendorong kebutuhan masyarakat terhadap konten-konten digital dan akses ke layanan internet. Hal ini memberikan dampak pada layanan First Media yang mengalami kenaikan trafik internet secara signifikan sekitar 47%, dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40% pada pertengahan Maret hingga Mei 2020, dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

 

Berdasarkan pencatatan kuartal 1-2020, First Media telah menambahkan 73.629 Home Passed, sehingga total Home Passed menjadi 2,54 juta. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962; dimana 32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali, dan kota lainnya. Hingga akhir Mei 2020, total pelanggan menjadi 743.479, atau naik sebanyak 75.274 pelanggan, jumlah ini melampui total penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 yang mencapai 73.498.

 

COVID-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan berpotensi mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat, yang kini semakin dituntut untuk mampu beradaptasi dengan aktivitas dan layanan berbasis teknologi digital. Menghadapi hal ini, First Media dalam bisnisnya menerapkan empat fokus utama yakni; Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan dukungan untuk tetap produktif selama Work From Home dan Online Learning.

 

Head of Operation & Business Unit Strategic Development PT Link Net Tbk, Christian Dwinantyo mengatakan, wilayah Jawa Tengah dan DIY yang merupakan wilayah dengan potensi ekonomi yang sangat besar. Begitu juga dengan Kota Semarang sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah dengan Infrastruktur fisik yang baik menjadi dasar bagi kota ini untuk terus berkembang dengan pesat.

 

“Besarnya potensi tersebut merupakan salah satu alasan First Media, untuk terus memperluas layanan kami tidak hanya Semarang tapi juga di Solo, Yogyakarta dan Tegal,” katanya, dalam acara Virtual Exclusive Interview.

 

Menurutnya, di Jawa Tengah sampai akhir Mei 2020, First Media mencatat penambahan Home Passed dalam setahun menjadi 89.000 atau naik 66%, dengan pertumbuhan total pelanggan mencapai 172% dibandingkan akhir tahun 2019.

 

“Hal ini memacu kami untuk terus selalu memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan,” ungkap Christian.

 

Pada kesempatan yang sama, Business Unit Head wilayah Jawa Tengah & DIY PT Link Net Tbk, Kusnuryono Wahyu Widodo menjelaskan, selama masa pandemi First Media terus berkomitmen untuk mendukung aktivitas dan produktivitas keluarga Indonesia melalui kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, yang telah dijalankan sejak Maret lalu. Selain itu, First Media juga terus berpartisipasi dalam memberikan apresiasi bagi tenaga medis yang masih terus menangani pasien COVID-19.

 

“Beberapa kegiatan program CSR yang kami lakukan diantaranya, menyerahkan bantuan 800 APD berupa hazmat suit ke 2 rumah sakit yaitu RSUP Dr. Kariadi Semarang dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Selain itu, kami juga menghadirkan First Squad Home Service dengan memberikan penyemprotan disinfektan, masker dan hand sanitizer kepada pelanggan dan calon pelanggan di berbagai wilayah di Jawa Tengah & DIY, serta berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan seperti Fogging gratis di wilayah Semarang, cuci mobil/motor gratis di Yogyakarta dan senam berjarak dan cek kesehatan gratis di Tegal,” jelas Kusnuryono.

 

Ditambahkan, First Media juga melakukan promosi dengan memberikan diskon khusus untuk Combo POP sebesar diskon 25% mulai dari harga Rp283.750 perbulan untuk paket Family Plus POP diluar PPN untuk wilayah Semarang dan Yogyakarta. Serta promo diskon 30% mulai dari Rp266.300 perbulan untuk Combo Family Plus diluar PPN untuk kota Tegal.(ris)
—————————————–

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.