Pelabuhan Niaga Kendal Dikelola Pelindo III

Penandatangani kesepakatan dengan Pelindo III tentang pengembangan Pelabuhan Kendal antara Pemkab Kendal dengan PT Pelindo III. (foto: metrojateng.com/Edi Prayinto)

 

 

KENDAL – Pelabuhan niaga Kendal kini resmi dikelola PT Pelabuhan Indonesia III. Hal itu setelah Pemerintah Kabupaten Kendal menandatangani kesepakatan dengan Pelindo III tentang pengembangan Pelabuhan Kendal Kamis (28/12) pagi.

Direktur Pelindo III Igusti Ngurah Askhara Dana Diputra mengatakan, Pelindo III siap investasi Rp 6 triliun untuk mengembangkan Pelabuhan Kendal. Investasi itu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan pengembangan pelabuhan menjadi pelabuhan internasional.

“Kami targetkan pengurusan ijin rampung di 2018 dan pembangunan infrastruktur rampung 2019,” ujarnya.

Menurut Direktur Pelindo, kerja sama ini akan memberi kontribusi positif pengembangan pelabuhan dan kawasan industri yang terintegrasi. Ia menyebut, Kendal mempunyai keunggulan tidak dimiliki pelabuhan lain. Selain mengembangkan Pelabuhan Kendal Pelindo III siap membawa investor mengembangkan pelabuhan, pembangunan jalan dan kereta api.

”Kami siap bersinergi bersama BUMN untuk membangun Kendal,” ujarnya.

Bupati Kendal d Mirna Annisa mengatakan, Pemkab Kendal sangat menyambut baik kerja sama ini. Pihaknya memberi janji tidak akan mengecewakan serta tidak akan mempersulit. Dikatakan, dengan penandatangan MoU antara Pemkab Kendal dengan PT Pelindo III membawa manfaat bersama.

”Dengan kerja sama ini diharapkan Pelabuhan Niaga Kendal segera menjadi pelabuhan internasional,” harapnya.

Sekda Kendal Moh Toha mengatakan, untuk bagi hasil kerja sama ini masih dirumuskan bersama. Ia menggarisbawahi, dalam kerja sama ini tidak ada pengalihan aset Pemkab Kendal kepada Pelindo III. ”Kami masih mengkomunikasikan masalah pembagiannya,” jelasnya.

Pada akhir acara penandatanganan kesepakatan, diserahkan dana pertanggungjawaban sosial PT Pelindo III kepada Pemkab Kendal senilai Rp 1 Milliar. Dana itu bakal digunakan untuk pembangunan rumah tidak layak huni. Penyerahan dana pertanggungjawaban sosial itu diikuti dengan penyerahan cinderamata dari Pemkab Kendal untuk Pelindo III. (MJ-01)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + = 14

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.