Pekerja Kreatif Berhimpun dalam Semarang Creative Consortium

Komunitas kreatif di Semarang sudah saatnya membentuk platform bersama-sama.

SEMARANG- Sekitar 70 orang yang bergerak di bidang kreatif di Kota Semarang membentuk wadah bernama Semarang Creative Consortium (SCC) di Coworking Space dan Rumah Inkubasi Startup, Rumah Sasongko, Jalan Gotong Royong 147, Banyumanik, Kota Semarang.


Diskusi Semarang Creative Consortium (SCC). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Di dalamnya ada seniman dan pekerja kreatif. Mulai dari pegiat teater, kartunis sampai pelukis. Kasi Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Disporapar Jawa Tengah Hendrawan Purwanto, juga hadir dalam diskusi tersebut.

Direktur Hysteria, Adin mengungkapkan, fenomena kegagalan dalam melakukan gerakan bersama mengakibatkan komunitas-komunitas di Semarang mati atau bertahan dengan caranya sendiri.

SCC diharapkan dapat menawarkan kemungkinan yang tidak pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi antarpelaku kreatif yang berfokus pada advokasi kebijakan.

“SCC ini langkah awal di Semarang yang tidak pernah terjadi dalam 15 tahun terakhir sebelumnya di Semarang. Komunitas kreatif di Semarang seharusnya membentuk platform terbuka bersama-sama,” kata Adin, Rabu (17/10/2018).

Pada kesempatan itu, para anggota SCC mengungkapkan beberapa keluhan yang selama ini mereka hadapi, seperti kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai, perlunya pendampingan kebijakan pemerintah, saling terbukanya antarbidang untuk penyelesaian masalah secara bersama.

Beberapa yang diungkapkan mengenai konsorsium kali ini adalah sebagai wadah mengalirnya informasi, dari kegiatan hingga peluang kreatif. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.