Pedagang Komplain, Pembagian Kios Pasar Mranggen Dijaga Polisi

Selama proses penataan dinas terkait tidak melibatkan pedagang atau perwakilan pedagang.

DEMAK – Aparat kepolisian siaga di lokasi Pasar Mrenggan Kabupaten Demak yang usai direnovasi. Itu untuk memberikan pengamanan proses pembagian kios dagang di pasar tersebut.

Polisi bersiaga di Pasar Mranggen Demak, Kamis (18/7/2019). Foto: metrojateng.com

Pembagian kios mulai 16-22 Juli mendatang, namun sejumlah pedagang mengaku kecewa dan komplain karena pembagian kios tidak sesuai harapan.

Kapolsek Mranggen AKP Windoyo menuturkan bahwa pihaknya menempatkan sejumlah anggotanya di lokasi pasar untuk mengawal dan mengamankan proses pembagian kios dagang.

“Ini untuk mengawal dan mengamankan pembagian kios dagang,” ujarnya, Kamis (18/7/2019)

Sementara Bambang Haryanto, seorang pedagang mengatakan selama proses penataan dinas terkait tidak melibatkan pedagang atau perwakilan pedagang. Sehingga penataan disebutnya tidak sesuai harapan pedagang.

“Kalau seperti ini justru merugikan pedagang. Selama proses penataan pedagang tidak dilibatkan,” paparnya.

Lain lagi nasib M Kurdi, luas tokonya tidak sesuai dalam daftarnya. Di dalam surat tokonya yang lama seluas 3,6×5 meter. Namun, untuk bangunan toko yang baru hanya 1,5×3,5 meter.

“Bahkan ukurannya itu tidak sama dengan toko yang ada di sebelahnya. Toko saya ini berkurang 2 meteran diambil toko yang belakang. Artinya tembok pembatas bergeser menjorok memgurangi luas toko saya. Ini kan aneh,” ungkapnya.

Keluhan para pedagang tersebut, lanjut dia, akan disampaikan ke dinas terkait. Nanti jika tidak ada tanggapan, pedagang akan menempuh jalan lain.

“Intinya kami akan komplain. Sampai saat ini juga pedagang belum tahu akan resmi pindah ke sini. Untuk saat ini masih pembagian kios,” tandasnya.

Diketahui, pasar tersebut dibangun dengan dana Rp 73,5 miliar tanpa ada investor luar. Pemprov juga menggelontorkan Rp 6 miliar. Pada rancangan awal, renovasi nantinya mampu menampung sekitar 2.000 pedagang dan akan menjadi pasar tipe A, dengab luas 12.716 meter persegi.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.