PDIP Incar 40 Kursi DPRD Jateng

Situasi politik saat ini menguntungkan PDIP, sehingga memasang target tinggi.

SEMARANG- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah mengincar 35 kursi sampai 40 kursi di DPRD Jawa Tengah pada pemilihan legislatif 2019.

Petugas partai politik memeriksa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Foto MetroJateng

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Rukma Setyabudi kepada metrojateng.com, Rabu (15/8/2018).

“Kita menargetkan memperoleh suara di Pileg DPRD Jateng diatas 30 persen. Kira-kira sekitar 35 persen. Nantinya raihan kursi untuk anggota legislatif DPRD Jateng bisa sampai 35 orang sampai 40 orang,” kata Rukma.

Rukma mengaku optimistis mampu merealisasikan targer perolehan suara tersebut. Apalagi, menurutnya saat ini jumlah kuota pada kursi DPRD Jawa Tengah tahun depan bertambah. Dari semula 100 kursi. Di tahun 2019 nanti menjadi 120 kursi setelah adanya penambahan daerah pemilihan.

Lebih lanjut, ia menyatakan partainya akan tetap mengandalkan wilayah Solo Raya untuk meraup suara maksimal saat Pileg nanti.

“Masih Solo Raya jagoannya. Di Boyolali, PDIP sudah punya 25 kursi atau hampir setengah lebih dari jumlah anggota legislatif. Kemudian Sukoharjo dan Solo tetap prioritaskan,” ungkapnya.

Ia juga berharap tuah dari Pilpres karena pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin kini telah mendapat dukungan sembilan parpol.

“Situasi politik saat ini sangat menguntungkan kita. Apa yang terjadi di Pilpres pasti sedikit banyak mempengaruhi kontestasi Pileg,” cetusnya.

Dengan kata lain, menurutnya keberadaan Joko Widodo sebagai figur petahana memiliki peranan strategis bagi perhelatan Pileg di setiap daerah termasuk Jawa Tengah.(far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.