PDIP Ganti Kandidat Bacaleg di Bawah Umur yang Maju Pileg DPRD Jateng

Pengurus PDIP Jawa Tengah sudah menyetorkan bacaleg lain sesuai dengan persyaratan umur.

SEMARANG- Bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berusia kurang dari 21 tahun telah tergantikan bacaleg lain.

Petugas partai politik memeriksa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Foto: metrojateng/FarizFardianto

Komisioner KPU Jawa Tengah Divisi Teknik, Ikhwanudin mengatakan, pengurus PDIP Jawa Tengah sudah menyetorkan bacaleg lain sesuai dengan persyaratan umur.

“Kami sudah menerima pergantian bacaleg di bawah umur dari PDIP. Satu lagi bacaleg di bawah umur dari parpol lain kita belum memeriksa apakah akan diganti atau tidak,” ungkap Ikhwanudin, Rabu (1/8).

Ia menjelaskan terdapat dua mantan terpidana kasus korupsi dari Partai Gerindra dan Partai Hanura yang saat ini mengembalikan berkas pencalonannya. Namun, Ikhwanudin mengaku masih harus memeriksa apakah dua bacaleg itu telah masih dalam daftar pencalonan.

BACA JUGA: KPU Temukan Dua Bacaleg di Bawah Umur dari PDIP

“Yang berhak mengganti daftar calonnya yang bekas narapidana korupsi itu dari parpol masing-masing. Kalau tidak diganti maka dicoret dari daftar calon,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menguraikan proses perbaikan berkas pencalonan bacaleg DPRD Jawa Tengah berakhir pada 31 Juli 2018. Saat ini, sudah ada 16 parpol yang mengajukan perbaikan berkas bacaleg. Mereka juga berhak melakukan perubahan daftar bacaleg yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS).

“Kita sedang cek semua perbaikan berkasnya. Kemudian kita teken tandatangan untuk BAP-nya. Hampir semua partai atau 80 persen berkas bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat. Mayoritas bacaleg tidak menyeratakan rekam medis yang menyatakan sehat rohani jasmani dan bebas psikotropika,” ujar Ikhwanudin.

Pihaknya juga mempersilahkan kepada para bacaleg untuk melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia menyebut setelah perbaikan berkas sudah beres. Langkah berikutnya KPU akan mengerjakan penetapan nama-nama bacaleg yang lolos uji persyaratan. Setelah itu baru dilakukan proses-proses lainnya sampai kampanye 2019 nanti. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.